“Paus Benedict Inginkan Mobil Listrik Sel Surya” plus 2 more

Jumat, 03 Desember 2010

“Paus Benedict Inginkan Mobil Listrik Sel Surya” plus 2 more


Paus Benedict Inginkan Mobil Listrik Sel Surya

Posted: 03 Dec 2010 10:50 AM PST

VATIKAN, KOMPAS.com — Paus Benedict XVI dikenal sebagai "Paus Hijau". Pasalnya, selama memimpin umat Katolik di Vatikan, Paus berusaha menggunakan energi ramah lingkungan. Contohnya, pada 2008, atap auditorium utama Vatikan dipasangi sel fotovoltaik dan pada 2009, menggunakan unit AC dengan sumber energi matahari yang dipasang di kafetaria Vatikan.

Nah, mumpung lagi gencarnya isu mobil listrik di seantero dunia, The Washington Post, Rabu kemarin melaporkan, Paus Benedict XVI melangkah lebih maju, ingin menggunakan mobil listrik dengan sumber energi dari matahari.

Menurut Vatikan, bila kendaraan yang digunakan Paus sumber energi dari matahari, hal tersebut akan memberikan penghormatan sekaligus mempromosikan pesan Paus tentang energi ramah lingkungan. Kendati demikian, sampai saat ini belum ada produsen yang membuatkan mobil listrik untuk Paus.

Laporan Washington Post diperkuat oleh pernyataan Cardinal Giovanni Lajolo, yang menjalankan pemerintahan sehari-hari di Vatikan. Dikatakan, Paus Benedict lebih menyukai mobil listrik ketimbang mesin bensin.

"Jika Paus ditawarkan mobil khusus yang fungsional, efisien, dengan ukuran yang pas, mengapa tidak? Vatikan terbuka terhadap setiap produsen mobil yang ingin memberikan sumbangan," ungkap Lajolo.

Keamanan
Sementara itu, Kepala Pemasaran SolarWorld Milan Nitzschke dari Jerman yang memasang sel fotovoltaik di atap auditorium Vatikan mengatakan, mobil listrik bertenaga matahari untuk Paus bisa saja dibuat. Kendalanya adalah, bila Paus menggunakan mobil tersebut, aspek keamanan masih harus dipikirkan. Hal itu terutama saat mobil tersebut dimati-hidupkan.

Kekhawatiran lain, apakah mobil listrik bertenaga matahari itu bisa dikebut, terutama bila terjadi peristiwa yang tidak diinginkan? Menurut Nitzchke, kecepatan bukan isu penting. Masalah utama adalah atap dan sekeliling mobil harus anti-peluru. Bagian tersebut cukup besar dan mengakibatkan bobot kendaraan bertambah dan memengaruhi performa.

Karena itu, diusulkan, jika Paus ingin menggunakan mobil listrik, maka harus model plug-in, bisa diisi dengan listrik dari rumah. Satu lagi, ada jaminan bahwa mobil tidak akan mogok saat melakukan parade.

Ketika berada di luar Vatikan, Paus Benedict biasanya menggunakan Mercedes-Benz yang telah dimodifikasi dengan kaca anti-peluru. Di belakang ada ruang untuk dua penumpang dan tambahan untuk Paus, yaitu kursi yang dinaikkan ketika Paus melambaikan tangan ke umatnya.

Loading...

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Beyond Hiroshima - The Non-Reporting of Falluja's Cancer Catastrophe.

Berani Lawan! Lancer Evo X Bertenaga Dahsyat

Posted: 03 Dec 2010 09:12 AM PST

Jumat, 3 Desember 2010 | 17:12 WIB

TOPSPEED

Kit modifikasinya bisa dijual

TOPSPEED

Spoiler depan dari bahan serat karbon

TOPSPEED

Sayap belakang bikin sangar tampilan belakang

TOPSPEED

Mesin gahar

AMERIKA, KOMPAS.com -- Salah satu rumah modifikasi di Amerika cukup populer AMS Performace (AMSP) telah memermak Mitsubishi Lancer Evo X yang kemudian diganti namanya menjadi Mitsubishi AMS 900X. Dari segi tampilan tak ada yang ekstrem pada bodi, kecuali pemakaian sayap belakang dan spoiler depan yang sangar.

Lantas, kenapa ada angka 900? Apa maksudnya? Angka tersebut menandakan kalau tenaga Evo X yang tersimpan di dalam mesin berkapasitas 2,2L 900HP. Bisa melonjak drastis sampai segitu lantaran AMS memang menyediakan paket spesial untuk Evo X.

Bagian yang diganti di jantung pacu Evo X seperti head studs, piston spesifikasi JE, Cams Kelford, per katup dan batang piston Manlley I-Beam. Selain itu, ada kit turbocharger GT900X V-band dengan menggunakan Tial wastegate 44 mm, yang kondisinya setara dengan sistem pembuangan Racing Series.

Tak cuma itu, sistem intercoolernya pun baru, termasuk juga sistem saluran bahan bakar. Dengan penggantian itu, tenaga maksimum yang dihasilkan mencapai 900 HP.

Di luar jeroan mesin, dalam paket spesial itu, termasuk kopling baru yang kekuatannya sebaik dengan bushing shifter, kit mounting mesin dari bahan polyurethene. Dan paket aftermarket ini cocok untuk spek Evo yang dipasarkan di Amerika, domestik Jepang dan Eropa.

Dalam siaran persnya, AMS Performance menyebutkan bahwa paket AMS900X untuk Evo X ini merupakan solusi bagi mereka yang doyan kecepatan. Tenaga terdongkrak tiga kali lipat dari standar, sehingga membuat sedan menjadi mobil super. Tenaga 900 HP merupakan tertinggi untuk Evo X.

Penulis: SBT
Editor: Bastian
autoevolution, topspeed

Sumber :

Loading...

Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Beyond Hiroshima - The Non-Reporting of Falluja's Cancer Catastrophe.

Kuota Smart ForTwo 50 Unit Sudah Ludes

Posted: 03 Dec 2010 08:45 AM PST

Jumat, 3 Desember 2010 | 16:45 WIB

Smart

JAKARTA, KOMPAS.com - Baru sepekan diluncurkan, 50 unit Smart ForTwo yang dipunyai PT Mercedes-Benz Indonesia sudah ludes. Peminat terbanyak tetap dari Jakarta dan selebihnya Bali. "Mereka mayoritas pesan yang tipe Coupe Passion," ujar Yuniadi Hartono, Wakil Direktur Pemasaran MBI di Jakarta, hari ini (3/12/2010).

DI Indonesia, Smart ditawarkan dalam tiga varian, yakni Coupe MHD, Coupe MHD Passion, dan Cabrio MHD Passion dengan harga masing-masing Rp 219 juta, Rp 249 juta dan Rp 269 juta (off-the road). Harga yang cukup tinggi untuk ukuran kendaraan kecil, sementara konsumen di Indonesia masaih butuh transportasi yang bisa membawa keluarga (termasuk anak-anaknya).

Tapi, Yuniadi berkilah Smart merupakan produk unik yang menyasar ke konsumen yang ingin tampil beda. "Target kami adalah para professional yang tak memiliki jam kerja tetap," ujarnya .

Jumlah 50 unit, lanjut Yuniadi, merupakan total kuota yang diterima MBI untuk Indonesia pada 2010 saja. Sedangkan tahun depan, MBI menargetkan menjual 750 unit.

3 in 1
Menariknya, di ibukota terdapat peraturan 3 in 1 di jalan-jalan protokoler sepertri Jalan Sudirman, Thamrin dan Gatot Subroto tapi Smart hanya bisa untuk dua orang (pengemudi dan satu penumpang). Terkait masalah ini, Yuniadi tak mau berspekulasi dan tetap menganjurkan konsumen untuk mengikuti peraturan yang berlaku.

"Pokoknya dalam peraturannya kan 3 orang, jadi ya sulit. Untuk itu, segmen yang kita bidik itu unik dan pasarnya ada di Indonesia ini," tutup Yuniadi.

Penulis: AGK
Editor: Bastian

Loading...

Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Beyond Hiroshima - The Non-Reporting of Falluja's Cancer Catastrophe.

Diposkan oleh iwan di 15.02  

0 komentar:

Poskan Komentar