“Monster Kobra Perpaduan F1 dan Grup C” plus 2 more

Senin, 20 Desember 2010

“Monster Kobra Perpaduan F1 dan Grup C” plus 2 more


Monster Kobra Perpaduan F1 dan Grup C

Posted: 20 Dec 2010 11:54 AM PST

BANDUNG, KOMPAS.com - Asli mobil ini Honda Genio 1993. Tapi, berkat keberanian Andre Mulyadi, sosok sedan berubah jadi mobil balap grup C yang berlaga di ajang kejuaraan dunia ketahanan balap mobil. Pemodifikasi dari Signal Kustom, Bandung, Jawa Barat tak cuma mengubah sasis dan bodi. Sampai mesin pun diubah dari bensin menjadi bertenaga listrik.

Mari kita mulai dari sasis dan eksterior. Untuk merancang blueprint, Andre butuh waktu dua bulan dan penggarapannya berlangsung empat bulan. Selama itu, agar semua terpasang presisi dan rigid.

Sebagai material dasar dipilih pipa tubular dengan ketebalan 4 mm sebagai fondasi utama. Kemudian kerangka monokok asli diubah menjadi kerangka ladder yang banyak dipakai pada truk. Pada kerangka ladder ini dicangkokkan kerangka berbentuk kubah dari pipa tubular 4 mm dengan cara dilas dan diperkuat dengan konstruksi palang layaknya space frame, "Agar lebih rigid dan safety," tegas Andre.

Selesai itu, baru dibungkus dengan bodi - konsepnya menggabungkan F1 dan mobil balap grup C - yang terbuat dari metal, fiberglass dan dikombinasi dengan karbon. Untuk cover yang berkonstruksi onepiece dibuat dari metal. Bodi tersebut kemudian diikat ke sasis menggunakan baut.

Untuk kaki-kaki, sokbreker asli model vertikal diubah jadi melintang. Tapi, komponen lain seperti tie rod, ball joint atau long tie rod masih memakai yang asli Genio. "Selain ketiga komponen tadi, semuanya dibuat ulang memakai material karbon," jelas Andre.

Penggantian karbon juga sampai ke swing arm yang bentuknya sudah disesuaikan karena mengikuti sumbu roda yang bertambah lebar. Sokbreker depan yang dipasang dengan sudut kemiringan 45 derajat, konstruksinya sengaja dibuat keras untuk membopong motor listrik dan baterai yang beratnya mencapai 250 kg.

Coilover sengaja dipakai agar tetap stabil ketika kecepatan tinggi. Pilihannya coilover aftermarket yang memang khusus Genio, tapi semua per diganti dengan maksud agar kekuatan sokbreker jadi lebih baik.

Sedang belakang, sengaja dibikin lebih empuk. Oleh karena itu, sudut kemiringan sokbreker dimainkan, tapi tidak serebah yang depan. Dudukan mounting support sokbreker pun, kata Andre harus dikastem ulang agar tetap rigid.

Mengenai tenaga penggerak, Andre mengubahnya dari mesin bensin ke listrik (menggunakan 3-phase AC Induction Motor) yang bekerja sama dengan LIPI. Tegangan yang diperlukan 96 volt dengan pasokan arus 550 ampere. tenaga yang dihasilkan 52 HP pada 3.000 rpm. Untuk mengisi baterai dibutuhkan 4-5 jam sampai penuh. (Angga)

Loading...

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured site: So, Why is Wikileaks a Good Thing Again?.

Li Nian S1, Model Terbaru Honda Khusus untuk China

Posted: 20 Dec 2010 11:25 AM PST

Senin, 20 Desember 2010 | 19:25 WIB

Honda Motor Co.

Desain belakang (tutup bagasi dan lampu) mirip dengan City lama

Honda Motor Co.

Depan, gril, bumper dan lampu diracang dengan desain ciri khas Honda masa kini

GUANGZHOU, KOMPAS.com — Inilah kehebatan industri otomotif China. Produsen mobil sebesar Honda harus menggunakan nama dan produk asli negara tersebut. Buktinya, Honda harus memperkenalkan model terbarunya yang akan dipasarkan di China dengan nama "Li Nian (Everus) S1". Sedan kompak ini diperkenalkan pada The 8th China (Guangzhou) International Automobile Exhibition yang dibuka hari ini dan berlangsung sampai 27 Desember 2010.

Honda Motor Co menjelaskan, Li Nian S1 konsep awalnya dimulai dari China. Karena itu pula, sedan ini diproduksi dan dipasarkan oleh Honda Guangqi, China. Kendati demikian, mobil ini tetap dibuat dengan platform dari salah satu model kecil Honda. Karena itu pula, mesin yang digunakan berkapasitas 1,3 liter dan 1,5 liter.

Dari penampilan, model Honda yang terdekat dengan wujud Li Nian adalah City produksi lama (sebelum 2008). Ini bisa dilihat pada desain lampu bagasi dan model lampu belakang. Hanya, wajah depannya dirancang dengan penampilan sedan Honda sekarang.

Target pasar Li Nian adalah generasi muda China atau mereka yang baru kali pertama membeli mobil baru. Bagi Honda, Li Nian diharapkan akan memperbanyak rangkaian modelnya di China. Dengan demikian, mobil yang diharapkan sudah masuk ruang pamer pada musim semi tahun depan ini akan mendongkrak penjualan Honda di China pada masa mendatang menjadi 730.000 unit. Jumlah target tersebut naik 12 persen dibandingkan tahun ini, yang diperkirakan sebanyak 630.000 unit.

Penulis: Zulkifli BJ
Editor: Zulkifli BJ

Loading...

Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured site: So, Why is Wikileaks a Good Thing Again?.

BMW Ketangkap Kamera Tes "Hybrid" di Seri-5

Posted: 20 Dec 2010 06:17 AM PST

Senin, 20 Desember 2010 | 14:17 WIB

CARSCOOP

JERMAN, KOMPAS.com — Bukan rahasia lagi jika BMW disebut-sebut sedang mempersiapkan versi hibrida dari sedan Seri-5 generasi terakhir. Sinyal ini sudah diperlihatkan produsen asal Bavaria tersebut pada Geneva Motor Show 2010 melalui studi Concept 5 Series ActiveHybrid. Seperti hasil intaian carscoop, mobil uji coba tersebut mengenakan "lencana" 535i dan sebuah tempelan bertuliskan "Hybrid Test Vehicle". Jadi, apa lagi yang mau disembunyikan?

Sebagai sebuah "benih", prototipe tersebut mengenakan sejumlah fitur unik sepeti yang sudah disuguhkan, misalnya tidak ada segaris lampu LED futuristik (seharusnya terletak di bagian depan-bawah), spoiler unik di bagian depan, dan velg berdesain spesial. Walau demikian, fitur-fitur tersebut diyakini akan tersedia jika mobil ini nanti jadi diproduksi secara massal.

Di balik kapnya diharapkan terdapat segala hal yang sudah diset dalam mobil konsep saat dalam pameran, antara lain mesin turbo BMW 6 silinder segaris dan mesin elektrik bertenaga 54 HP (40 kW). Andai kita melihat bahwa rata-rata tenaga mobil bermesin 3,0 liter turbo di AS mencapai 300 HP, maka kombinasi dari sistem penggerak ini bisa diasumsikan membuahkan tenaga hingga 340 HP.

Menurut BMW, jika dibandingkan dengan versi konvensionalnya, maka kombinasi tersebut mengurangi 10 persen emisi dan konsumsi bahan bakar. Bahkan, produk tersebut mungkin saja bergerak sepenuhnya dengan mengandalkan motor elektrik sehingga emisi berada pada titik nol untuk kondisi laju dengan kecepatan rendah.

Produksi dari versi Seri-5 hibrida tersebut mungkin akan diperkenalkan pada pameran-pameran internasional tahun depan. Adapun ia akan dijual pada 2012.

Editor: Bastian carscoop

Sumber :

Loading...

Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured site: So, Why is Wikileaks a Good Thing Again?.

Diposkan oleh iwan di 15.02  

0 komentar:

Poskan Komentar