“Mission R, Perpaduan Honda CBR600, KTM dan Ducati” plus 2 more

Kamis, 23 Desember 2010

“Mission R, Perpaduan Honda CBR600, KTM dan Ducati” plus 2 more


Mission R, Perpaduan Honda CBR600, KTM dan Ducati

Posted: 23 Dec 2010 12:57 PM PST

KOMPAS.com - Teknologi dan desain sepeda motor supersport listrik semakin canggih. Terutama superbike yang digunakan untuk berpacu di ajang TTXGP atau eGrandPrix. Memasuki tahun ketiga TTXGP pada 2011, salah satu pesertanya, yaitu Mission Motors dari San Francisco, Amerika Serikat, Jumat lalu memperkenalkan sepeda motor listrik andalannya, yaitu Mission R.

Kombinasi Top
Sepeda motor dengan sosok seksi dan estetis ini merupakan karya dua perancang kenamaan Mission Motors, yaitu James Parker dan Tim Prentice dari Motonium Design. James Parker ditugaskan khusus untuk merancang sasis, sedangkan bodi, fairing dan bagian lainnya diserahkan kepada Tim Prentice, seorang perancang produk industri yang sudah banyak memodifikasi moge.

Dijelaskan pula, sosok eksotis Mission R dieperoleh karena perancangnya mampu menyatukan potongan sosok Honda CBR600R (pada fairing dan bodi), KTM RC8 (jok belakang) dan Ducati 900 (rangka).

Tak hanya itu, teknologi atau produk yang dicangkokkan untuk menopang performa sepeda motor ini juga hebat. Komponen suspensi depan dan belakang, peredam kejut (shock absorber) sama dengan yang digunakan oleh sepeda motor untuk MotoGP, yaitu Öhlin. Begitu juga dengan rem, Brembo dan pelek Marchesini.

Baterai Kompak
Kendati tidak merinci ukuran baterai dan motor listrik yang digunakan, termasuk komponen pendukung lainnnya, sumber tenaga sepeda motor ini dinilai Mission Motors sangat kompak, diklaim lebih kecil dibandingkan dengan mesin supersport 600 cc.

Jantung Mission R adalah motor listrik induksi tiga fasa yang menghasilkan tenaga 141 PS dan torsi 156 Nm @0-6.400 rpm. Motor listrik arus bolak-balik ini (AC) didinginkan oleh cairan. Sedangkan baterai  lithium-ion punya kemampuan  menyimpan energi listrik 14,4 kWh. Untuk sekali isi, baterai bisa menjalankan sepeda motor menempuh  jarak 250 km dan kemampuan mencapai kecepatan top 250 km/jam.Tenaga motor listrik dipindahkan ke roda transmisi satu kecepatan.

Baterai yang terdiri dari beberapa modul, dilengkapi dengan sistem kontrol terpadu.  Sistem manajemen baterai akan  mengatur arus pengisian dan energi yang dilepaskan untuk memutar motor listrik. Sumber energi ini dikemas dalam kotak yang dibuat dari serat karbon berlapiskan bahan dielektrik.

Cukup menarik, Mission R menonjolkan rangkanya yang ditiru dari Ducati dengan cat warna kuning. Rangka ini dibuat dari campuran bilet aluminium dan pipa krom. Selanjutnya, data atau kondisi komponen utama, yaitu suhu baterai, tegangan listrik, tenaga saat melaju, kecepatan, koordinat GPS dan lainnya, dimonitor melalui koneksi WiFi dan 3G.

Loading...

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured site: So, Why is Wikileaks a Good Thing Again?.

Ukraina Bangun Sirkuit F1

Posted: 23 Dec 2010 11:39 AM PST

Kamis, 23 Desember 2010 | 19:39 WIB

AFP/UKRAINA

UKRAINA, KOMPAS.com — Ukraina bakal menjadi negara pertama dari pecahan Uni Soviet menjadi tuan rumah penyelenggaraan balap mobil paling bergengsi F1. Meski belum ditentukan tahunnya, tetapi pejabat dari Kiev (ibu kota Ukraina) sudah mengumumkan rencana untuk membangun sirkuit F1 dalam beberapa tahun mendatang.

Dalam konferensi persnya dua hari lalu, Kepala Pemerintahan Daerah Anatoly Prysizhniuk menyampaikan ambisi wilayahnya untuk mendatangkan rombongan sirkus F1 dengan menyediakan dana Rp 9,03 triliun untuk membangun sirkuit yang berlokasi di dekat kota.

"Kami akan membangun sirkuit bertaraf internasional di Polissia dan kabupaten Ivankiv agar bisa menjadi tuan rumah penyelenggaraan F1," tegas Prysiazhniuk, seperti dikutip Kiev Post. Investor, lanjutnya, telah menemukan tempat yang akan dijadikan itu, selain sirkuit, juga ada hotel dan fasilitas lainnya. "Untuk sirkuitnya, panjangnya diperkirakan 5,2 km."

Mengenai kompleks sirkuit, termasuk lintasan balap, Prysiazhniuk membocorkan bahwa sirkuit itu akan dirancang oleh seseorang dari Denmark. Perancang ini telah membuktikan karyanya dengan trek di Singapura dan negara-negara lain, termasuk di Emirat.

Prysiazhniuk berharap pembangunan trek sudah bisa dimulai tahun depan. Meski demikian, ia tidak menjelaskan seperti apa ketertarikan bos F1, Bernie Ecclestone, untuk menampilkan F1 di negerinya.

Penulis: Bastian
Editor: Bastian
autosport

Sumber :

Loading...

Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured site: So, Why is Wikileaks a Good Thing Again?.

Brasil Geser Jerman di Peringkat Keempat Dunia

Posted: 23 Dec 2010 11:03 AM PST

Kamis, 23 Desember 2010 | 19:03 WIB

AUTOEVOLUTION-WALLPAMPERS

BRASIL, KOMPAS.com — Menutup tahun 2010, Brasil mengukir prestasi spektakuler dalam industri otomotif. Negeri "Samba" tersebut berhasil menggeser posisi Jerman di urutan keempat sebagai penjual mobil terbesar di dunia. Posisi teratas dipegang oleh China dengan total 13,6 juta unit pada 2009, diikuti Amerika 10,4 juta (2009), dan Jepang 7,1 juta lebih (2009). Sementara Brasil, menurut data asosiasi produsen nasional Anfavea, tahun ini menjual total 3,45 juta unit.

Presiden Anfavea Cledorvino Belini mengatakan, total penjualan yang diraih itu masih belum sesuai dalam persentase dengan populasi penduduknya yang saat ini berjumlah 192 juta jiwa. Sedangkan jumlah kendaraan saat ini mencapai 30 juta unit dengan perbandingan, setiap tujuh rumah penduduk hanya ada satu kendaraan. Inilah yang membuat para perusahaan otomotif untuk menata dealer-dealer.

"Brasil pasar yang terus tumbuh di tahun-tahun mendatang dan kondisi ini akan menarik banyak investor. Sementara pasar Eropa dan Amerika memasuki tahap jenuh," ungkap Belini, yang menjadi pemimpin Fiat di Brasil.

Fiat sendiri memberi kontribusi 23,1 persen dari total penjualan di Brasil. Makanya, prinsipal dari Italia mengumumkan pembangunan pabrik keduanya untuk bisa menjadi nomor satu. Volkswagen membayang di tempat kedua dengan 22,7 persen dan General Motors ketiga dengan 21,2 persen.

Penulis: Sabastian
Editor: Bastian
autoevolution

Sumber :

Loading...

Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured site: So, Why is Wikileaks a Good Thing Again?.

Diposkan oleh iwan di 15.02  

0 komentar:

Poskan Komentar