“Honda PHEV Menggunakan Sistem Dua Motor” plus 2 more

Jumat, 24 Desember 2010

“Honda PHEV Menggunakan Sistem Dua Motor” plus 2 more


Honda PHEV Menggunakan Sistem Dua Motor

Posted: 24 Dec 2010 10:02 AM PST

KUMAMOTO, KOMPAS.com - Honda Motor Corporation hari ini mengumumkan  melaksanakan kerjasama dengan Perfektur Kumamoto untuk menguji coba mobil  listrik, hibrida plug-in atau Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), skuter dan cart listrik.  Pada 20 Desember, lalu Honda juga melakukan hal yang sama dengan Perfektur Saitama.

Pada prgoram tes ini Honda menggunakan empat kendaraan. Pertama Fit listrik, sedan Inspire hibrida plug-in (PHEV), skuter dan cart (motor roda empat). Pada saat yang sama juga  diuji-coba sistem pengisian yang memperoleh energi dari matahari (berada di lingkungan pabrik Honda).

Siklus Atkinson
Khusus untuk mobil hibrida, Honda coba mengikuti sebagian teknologi yang digunakan Toyota pada Prius. Untuk itu, sedan Inspire dipasang mesin empat silinder, 2.0 liter dengna teknologi khas Honda i-VTEC dengan siklus Atkison.

Selanjutnya, Honda menggunakan dua motor listrik (satu motor dan satu lagi generator) dan baterai lithium-ion. Motor listrik utama menghasilkan tenaga maksimum 120 kW, bertugas menggerakkan mobil sekaligus mengubah mengubah energi kinektik saat mobil direm menjadi listrik. Satu lagi adalah generator yang menghasilkan listrik sampai 100 kW.

Hubungan antara mesin dengan motor listrik plus generator berbeda dengan yang diterapkan oleh Toyota. Pada Honda, motor listrik dan mesin konvensional bisa bekerja secara independen.

Hibrida Plug-In
Seperti dijelaskan oleh ahli Honda, hibrida plug-in Honda  bisa dijalankan dengan mobil tenaga listrik saja (mobil listrik), hibrida (mesin konvensional dan motor listrik) dan mesin bensin saja. Juga memungkinkan menjalankan mobil dengan mesin bensin sedangkan generator menghasilkan listrik untuk disimpan di baterai.   

Sayang tidak dijelaskan detil konsep hibrida plug-in ini. Honda hanya mengatakan, motor dan generator berada di samping mesin. Selanjutnya motor dan generator bisa dibebaskan (putus) melalui kopling. Sedangkan pada hibrida Toyota, mesin, motor dan generator dihubungkan oleh roda gigi planet dan tidak dapat diputuskan. Artinya, saat mesin bensin menjalankan mobil  masih berhubungan dengan motor listrik.

Baterai
Kapasitas baterai yang digunakan 6kWH dipasang di bagasi. PHEV hanya dapat digunakan untuk menempuh jarak 25 km (listrik). Dengan menggunakan listrik bertegangan 100 volt, pengisian butuh waktu empat jam, sedangkan tegangan 200 volt hanya 1,5 jam.

Sel baterai dibuat oleh Blue Energy Co Ltd, bekerja sama dengan Honda dan GS Yuasa Corp. Sel dibuat menggunakan materi berbeda dari yang digunakan untuk baterai Civic hibrida yang akan diluncurkan tahun depan.

Spesifikasi Mobil Listrik dan Hibrida Plug-In Honda

 

Mobil Listrik (EV) Hibrida Plug-In (PHEV)
Mesin

 

-

2,0 liter, 4-sil, segaris,
siklus Atkinson, i-VTEC
Transmisi  - E-CVT
Motor

Koaksial

 

Sistem dua motor (penggerak,
generator & regenerator
Tenaga motor maks.

92 kW

120 kW
Tipe Baterai

Lithium-ion (Toshiba)

6 kWh, lithium-ion, Blue Energy
Jarak tempuh  (listrik)

Di atas 160 km

25 km
Kecepatan maks. (listrik)

144 km/jam

100 km/jam
 Lama pengisian

100V: di bawah 12 jam

200 V: di bawah 6 jam

Cepat 30 menit (80 %)

100 V: di bawah 4 jam
200 V: di bawah 1,5 jam

 

Spesifikasi EV-neo dan Monpal ML200

 

EV-Neo Monpal ML200
Motor Motor DC tanpa borstel (brushless)
Tenaga maks 2,8 kW  
Tipe baterai Lithium-ion, Toshiba Timah hitam (Panasonic)
Jarak tempuh Di atas 34 km (30 km/jam, jalan rata) 25 km (6 km/jam, jalan datar)
Lama pengisian 100 V, normal: 3,5 jam
200 V,  cepat:  0,5 jam
100 V: 9 jam

 

 

Loading...

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured site: So, Why is Wikileaks a Good Thing Again?.

"Jet Darat" Mercy Seharga Rp 1,7 Miliar

Posted: 24 Dec 2010 08:23 AM PST

NEW YORK, KOMPAS.comDealer Mercedes-Benz Manhattan, New York, memajang minibus Sprinter di Park Avenue, sebuah kawasan berkelas nan padat di kota tersebut, beberapa hari lalu. Mereka menyebut kendaraan tersebut "jet darat" yang tampilan luarnya standar saja, tetapi begitu masuk ke kabin terlihat memiliki tata interior yang mewah.

Dengan tampilan seperti itu, Mercedes lantas menamainya Sprinter Grand Edition. Umumnya, bus "mungil" ini digunakan sebagai kendaraan kargo atau penumpang bandara.

"Kami hanya menempatkannya di tempat orang-orang yang sanggup membelinya," ungkap Vincent Varga dari dealer Mercedes-Benz Manhattan, seperti dikutip The New York Times. "Kami sudah menjual empat unit," tambahnya.

Isi dari minibus mewah ini antara lain interior serba kulit, pemutar DVD yang terhubung pada monitor datar 32 inci, kursi pijat, sofa rebah, kulkas, pengatur suhu berkapasitas besar, radio satelit, dan internet nirkabel. Mereka ibarat memindahkan "isi perut" jet pribadi ke dalam sebuah bus ukuran tanggung.

"Beberapa orang menyebutnya Mercedes Maybach 'Jangkung'," lanjut Vincent. Tentu saja demikian karena masih ada ruang lega ketika penumpang, misalnya, mencoba untuk berdiri.

Jika Mercedes-Benz Sprinter standar dihargai 40.000 dollar AS (sekitar Rp 360 juta), maka Sprinter Grand Edition dilepas dengan harga 189.850 dollar AS (sekitar Rp 1,7 miliar). (Dimas)

Loading...

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured site: So, Why is Wikileaks a Good Thing Again?.

Mitsubishi Sumbang "Kepala Kuning"

Posted: 24 Dec 2010 08:09 AM PST

Jumat, 24 Desember 2010 | 16:09 WIB

KTB

Ketua PMI Jusuf Kalla menerima sumbangan dari Presiden Direktur KTB Hidemoto Mizuhara

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) menyumbangkan dua Colt Diesel alias "Kepala Kuning" pembawa tangki air ke Palang Merah Indonesia (PMI) di Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (23/12/2010). Sumbangan diterima langsung oleh Ketua PMI Jusuf Kalla dan diserahkan Presiden Direktur KTB Hidemoto Mizuhara didampingi Direktur Administration & Human Resources KTB Robert E Wannee.

Kedua truk akan dipergunakan PMI untuk memenuhi kebutuhan air bersih dari para korban bencana Gunung Merapi, Yogyakarta. Dengan kapasitas tangki 8.000 liter, truk ini diharapkan bisa membantu pengambilan air bersih dari sumber yang berjarak cukup jauh.

Mitsubishi dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Jumat ini, menyatakan bahwa penanggulangan bencana merupakan tanggung jawab bersama seluruh bangsa Indonesia, termasuk KTB yang sudah empat dekade hadir di Indonesia. "Ke depan, KTB akan terus siaga turut serta membantu sesama, sebagai bentuk corporate social responsibility untuk Indonesia," kutip rilis Mitsubishi.

Secara total, KTM telah menyumbangkan 27 kendaraan untuk beberapa bencana yang terjadi mulai dari tsunami (Aceh pada 2004) dan gempa Yogyakarta (2006) serta gempa Bengkulu (2007) yang sebelumnya telah diserahkan kepada PMI.

Penulis: Agung Kurniawan
Editor: Bastian

Loading...

Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured site: So, Why is Wikileaks a Good Thing Again?.

Diposkan oleh iwan di 15.01  

0 komentar:

Poskan Komentar