“Digarap Sebulan, Tampilan Jazz Jadi Gahar” plus 2 more

Jumat, 17 Desember 2010

“Digarap Sebulan, Tampilan Jazz Jadi Gahar” plus 2 more


Digarap Sebulan, Tampilan Jazz Jadi Gahar

Posted: 17 Dec 2010 06:03 AM PST

JAKARTA, KOMPAS.com — Mungkin banyak yang tidak percaya kalau All New Honda Jazz ini hanya dikerjakan satu bulan. Selain itu, hatchback tersebut akan diikutkan dalam lomba Jazz Tuning Contest 2010. Sudah begitu, pengerjaan tak hanya eksterior, tapi juga mesin, interior, dan suspensi.

Untuk bisa memodifikasi secepat itu, Davin Elika membocorkan kalau ia memakai trik khusus. "Pakai dua mobil buat mempersingkat pengerjaannya," ujarnya. Maksudnya?

Dalam proyek ini, Davin menyiapkan dua Honda Jazz. Yang satu masuk bengkel untuk oprek mesin, sedang satunya lagi buat pengesetan body kit yang bisa memakan waktu 2-3 minggu. Kalau mengandalkan satu mobil, katanya, pasti enggak kelar.

Untuk konsepnya, Davin mengaku terinspirasi dari mainan R/C. Jadi, grafis dibikin ramai dan velg sekalian dicat ngejreng. Desain eksterior dibuat seperti mobil balap karena dia ingin berpartisipasi di ajang Time Attack.

Makanya, ada pengaplikasian front lips carbon spoiler yang terpasang bolt-on di bawah bemper depan. Sementara itu, tampilan belakang diperkuat dengan diffuser dan spoiler di bagian atap. Lalu, ada pula air dam besar di tengah yang berfungsi untuk mendinginkan intercooler dan radiator. Adapun yang di kiri sebagai penyeimbang. "Semua body kit dibuat Jona Auto Design. Hanya, yang kasih ide saya," papar Davin.

Karena alirannya balap, mesin pun harus gahar. Perangkat turbo HKS khusus GE8 dibenamkan di mesin dengan setelan boost 0,9 bar. Untuk mengimbangi tenaga yang besar itu, maka piston standar diganti piston dengan set yang low compression. Untuk connecting rod, ia pun memakai produk Crower yang daya tahannya dinilai kuat.

Perangkat turbo diatur oleh ECU stand alone HKS F-con V-Pro yang dilengkapi dengan launch control. Agar manuver di tikungan tetap stabil, produk HKS (coilover) dengan rem AP Racing pun terpasang sebagai suspensi serta dipadu velg Advan RGII.

Pantas, ketika dilombakan pada ajang kontes, Jazz ini dinobatkan sebagai King of Jazz Tuning 2010. Selamat. (Angga Raditya)

Loading...

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured site: So, Why is Wikileaks a Good Thing Again?.

Ekspor Toyota Melonjak 42,2 Persen

Posted: 17 Dec 2010 05:24 AM PST

JAKARTA, KOMPAS.com — Kinerja ekspor mobil PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) sepanjang sebelas bulan 2010 naik 42,2 persen menjadi 40.609 unit dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu, yaitu 28.551 unit. Peningkatan ini, menurut External Relation Officer TMMIN Irwan Priyantoko, terjadi karena pasar otomotif pada 2010 tumbuh positif, termasuk di sektor ekspor.

"Sampai akhir tahun, kami rasa bisa mendekati 50.000-an unit. Desember ini kira-kira bisa bertambah 7.000-an unit lagi," ujar Irwan di sela-sela kunjungan wartawan ke pabrik TMMIN di Karawang, Jawa Barat, Jumat (17/12/2010).

Dari data perusahaan yang diperoleh Kompas.com, hampir semua model Toyota yang diekspor mengalami kenaikan. Angka Avanza adalah yang terbanyak dengan 18.633 unit atau naik 36,8 persen dari 13.615 unit. Posisi kedua adalah Kijang Innova 11.103 unit (naik 51 persen), lalu Fortuner 8.512 unit (81,4 persen). Adapun Rush menjadi satu-satunya model yang mengalami penurunan angka kinerja ekspor, dari 2.894 unit, menjadi 2.361 unit.

Pada November 2010 saja, Toyota mencatatkan ekspor 7.235 unit atau melesat dua kali lipat lebih (159,2 persen) dari 2.791 unit. Jika dibandingkan bulan sebelumnya (Oktober 2010), maka jumlah ekspor juga meningkat 36,2 persen dari 5.309 unit.

Sampai kini, Toyota sudah mengirim keempat model ini ke sejumlah negara di dunia. Avanza diekspor ke Thailand, Brunei, Afrika Selatan, Meksiko, Filipina, Sri Lanka, Banglades, Nepal, Lebanon, Tahiti, Nigeria, Kenya, Mauritus, Afrika Barat, dan Pakistan.

Innova diekspor ke Thailand, Brunei, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Oman, Kuwait, dan Bahrain. Adapun Fortuner ke Qatar, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Jordania, Lebanon, Suriah, Oman, Kuwait, Bahrain, dan Yaman. Sementara itu, Rush dipasok untuk memenuhi permintaan di Malaysia.

Loading...

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured site: So, Why is Wikileaks a Good Thing Again?.

Toyota Yaris 2011 "Facelift" Lebih Mewah

Posted: 17 Dec 2010 03:26 AM PST

INGGRIS, KOMPAS.com — Toyota Inggris memperkenalkan dua model Yaris 2011 facelift yang mulai dipasarkan pada Januari tahun depan. Kedua model tersebut yaitu Yaris T Spirit dan Yaris SR, yang dari segi bentuk tak ada perubahaan mencolok dari model sebelumnya, TR Grade, hanya penambahan fitur-fitur sehingga memberi kesan lebih mewah dan konsumen pun punya pilihan.

Ditambahnya satu varian lagi, menurut pihak Toyota Inggris, didasari dari penjualan model TR Grade. Mengenai harganya, untuk T Spirit dibanderol Rp 173,6 (11.695 poundsterling), sedangkan SR Special dibanderol Rp 196,2 juta (13.215 poundsterling).

Khusus untuk T Spirit, kini dilengkapi dengan sistem navigasi satelit dengan layar sentuh untuk melihat daftar fitur-fitur. Kemudian, tersedia bluetooth dan USB yang dihubungkan dengan iPod dan digital music player.

Pada eksterior, keempat ban menggunakan pelek palang delapan dari bahan alloy, ada sensor parkir, lampu kabut yang pinggirnya dikrom, dan kontrol suhu.

Buat konsumen ada dua pilihan model, yakni tiga atau lima pintu yang dibekali mesin bensin 1,0 liter atau 1,3 liter VVT-i dan diesel 1,4 liter D-4D. Untuk jantung pacu 1,3liter dan 1,4 D-4D menggunakan transmisi manual 6-percepatan dan transmisi multimode.

Sementara yang SR sudah menggunakan pelek ringan 16 inci, ada spoiler di atap belakang, dan knalpot yang dikrom dengan emblem Yaris YR. Untuk fitur dalam kabin hampir tak beda yang T Spirit, kecuali jantung pacu hanya ada satu, yakni bensin 1,3 liter VVT-i dengan transmisi manual (6-speed) dan multimode.

Loading...

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured site: So, Why is Wikileaks a Good Thing Again?.

Diposkan oleh iwan di 15.02  

0 komentar:

Poskan Komentar