“Vettel Perkasa dan Juara Dunia 2010” plus 1 more

Minggu, 14 November 2010

“Vettel Perkasa dan Juara Dunia 2010” plus 1 more


Vettel Perkasa dan Juara Dunia 2010

Posted: 14 Nov 2010 01:33 PM PST

ABU DHABI, KOMPAS.com - Balapan F1 Abu Dhabi sebagai seri pamungkas di sirkuit Yas Marina, Minggu (14/11/2010) akhirnya dimenangkan oleh Sebastian Vettel. Pebalap Red Bull Racing tampil perkasa selama 55 lap tanpa bisa diimbangi oleh lawan-lawannya dengan mencatat total waktu 1 jam 39menit 36,837 detik.

Kemenangannya ini membuat Vettel berhak menggondol juara dunia F1 2010 dengan mengumpulkan total 256 angka. Pebalap Jerman ini sangat tak percaya kalau dirinya juara dunia dan melalui radio terdengar dirinya menangis. Berarti, ia dapat melengkapi gelar ganda buat Red Bull.

Alonso yang memimpin klasemen sementara harus melepas gelar yang sudah dalam genggaman karena finish ketujuh. Sungguh menyakitkan, karena dirinya tak dapat menyelip Petrov sampai finish. Bahkan beberapa kali dirinya ke luar dari tikunngan karena  coba menekan pebalap Rusia itu.

Tampak Ferrari kalah lincah di tikungan dengan Renault. Terutama setiap ke luar tikungan tajam, Petrov bisa melesat. Boleh jadi karena Renault menggunakan sasis pendek, sementara Ferrari sasis panjang.

Yang jelas, di seri penutup ini, Red Bull Racing harus berterima kasih kepada tim Renault. Sebab, jika Hamilton tidak tertahan Kubica, besar kemungkinan ia bisa melibas Vettel. Posisi kedua baru bisa direbut Hamilton begitu Kubica masuk pit ganti ban.

JALAN LOMBA: SCHUMACHER DITABRAK
Jenson Button melakukan start yang baik, sehingga menempel di belakang rekan setimnya Hamilton. Sementara Alonso melorot keempat dan Webber berada di belakangnya.

Baru melewati beberapa tikungan, Michael Schumacher melintir ke luar tikungan 6. Dalam upaya untuk jalan lagi, dari belakang muncul Toni Liuzzi (Force India) dan menabraknya. Safety car ke luar dan masuk kembali pada lap 6.

Sampai lap9, mobil RB6 yang dikemudikan Vettel sangat kencang. Hamilton ditinggalkannya 1,66 detik. Sementara rekan setimnya, webber sempat mobilnya bergeser ketika ke luar tikungan, sehingga roda belakangnya menyentuh dinding pembatas dan mengeluarkan percikan api.

Pada lap 12, Webber melakukan pergantian ban dengan kompon super lunak. Namun saat masuk lintasan mundur jadi ke-16. Sebetulnya, dirinya bisa berada di depan Alonso ketika melakukan ganti ban pada lap 16. Sayang, Webber ketahan Alguelsuari di lap ke-13.

Sementara Alonso tertahan Petrov cukup lama. Sirkuit Yas Marina yang sulit untuk menyalip membuat pebalap Ferrari itu sabar menunggu dan mencari peluang. Sampai lap 33 Alonso masih menempel dengan jarak 0,4 detik dan harus bisa menggesernya kalau ingin juara dunia jatuh ke tangannya, Apalagi Petrov sudah masuk lap 2 ketika SC ke luar untuk ganti ban.

Vettel mengganti ban pada lap 25 dan hanya butuh 3,8 detik mendekam di pit. ketika masuk lintasan berada di urutan kedua di belakang Button dan Hamilton membayang keempat di belakang Kubica yang belum ganti ban. Sedang Alonso ke-11 dan posisinya beranjak naik karena pebalap di depannya masuk ganti ban. Sampai lap 45, ia masih di belakang Petrov dan di urutan kedelapan.

Pertarungan sengit diperlihatkan Hamilton. Ia terus menempel Kubica, sampai-sampai tim memberi nasihat melalui radio. Sempat hampir menyalip di tikungan, namun Kubica tak memberi ruang gerak.

Jenson Button masuk pit pada lap 40 dan posisi terdepan langsung diambil Vettel. Pebalap Mclaren ini mundur jadi keempat saat kembali berlaga di lintasan berada di belakang Kubica dan Hamilton.

Pada lap 46 Kubica masuk pit dan selisih waktunya dengan Alonso cukup jauh. keuntungan ini membuatnya berada di depan rekan setimnya Petrov dan Alonso. Namun ada kemungkinan Kubica terkena penalti karena melanggar garis tidak puitus jelang masuk lintasan.

HASIL LOMBA
1. Vettel Red Bull-Renault 1h39m36.837s
2. Hamilton McLaren-Mercedes + 10.1s
3. Button McLaren-Mercedes + 11.0s
4. Rosberg Mercedes + 30.7s
5. Kubica Renault + 39.0s
6. Petrov Renault + 43.5s
7. Alonso Ferrari + 43.7s
8. Webber Red Bull-Renault + 44.2s
9. Alguersuari Toro Rosso-Ferrari + 50.2s
10. Massa Ferrari + 50.8s
11. Heidfeld Sauber-Ferrari + 51.5s
12. Barrichello Williams-Cosworth + 57.6s
13. Sutil Force India-Mercedes + 58.3s
14. Kobayashi Sauber-Ferrari + 59.5s
15. Buemi Toro Rosso-Ferrari + 1m03.1s
16. Hulkenberg Williams-Cosworth + 1m04.7s
17. Kovalainen Lotus-Cosworth + 1 lap
18. Di Grassi Virgin-Cosworth + 2 laps
19. Senna HRT-Cosworth + 2 laps
20. Klien HRT-Cosworth + 2 laps
21. Trulli Lotus-Cosworth + 4 laps

Fastest lap: Hamilton, 1m41.274s


PERINGKAT PEBALAP SETELAH SERI 19

PEBALAP                              KONSTRUKTOR
1. Vettel 256                         1. Red Bull-Renault 498
2. Alonso 252                       2. McLaren-Mercedes 454
3. Webber 242                      3. Ferrari 396
4. Hamilton 240                    4. Mercedes 214
5. Button 214                         5. Renault 163
6. Massa 144                         6. Williams-Cosworth 69
7. Rosberg 142                      7. Force India-Mercedes 68
8. Kubica 136                        8. Sauber-Ferrari 44
9. Schumacher 72                   9. Toro Rosso-Ferrari 13
10. Barrichello 47
11. Sutil 47
12. Kobayashi 32
13. Petrov 27
14. Hulkenberg 22
15. Liuzzi 21
16. Buemi 8
17. De la Rosa 6
18. Heidfeld 6
19. Alguersuari 5

Loading...

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Beyond Hiroshima - The Non-Reporting of Falluja's Cancer Catastrophe.

Konsumsi BBM Chevrolet Cruze Eco 17,8 Km/Liter

Posted: 14 Nov 2010 10:27 AM PST

Minggu, 14 November 2010 | 18:27 WIB

GM

DETROIT, KOMPAS.com - Chevrolet mengumumkan angka resmi konsumsi bahan bakar Chevrolet Cruze Eco yang dikeluarkan oleh Environmental Protection Agency (EPA) AS. Dengan mesin Ecotec 1.4 liter yang dilengkapi turbo dan berpasangan dengan transmisi manual 6-speed, mampu mencatat konsumsi bahan bakar hingga 17,8 km/liter di jalan bebas hambatan dan 11,8 km/liter di dalam kota.

Hasil ini setelah mendapat beberapa perubahan fitur yang dapat menekan konsumsi bahan bakarnya. Di antaranya optimalisasi rasio gear dan penggunaan ban yang membungkus velg 17 inci alloy berbobot ringan dengan hambatan gesek (rolling resistance) yang rendah.

Bagian depan yang lebih rendah juga dapat mengurangi gejala turbulensi yang terjadi di jalan bebas hambatan. Sementara pada gril bagian bawah, ventilasi udara dapat menutup di kecepatan tinggi untuk meningkatkan nilai aerodinamikanya. Chevrolet juga memodifikasi gril bagian atas dan menambah air dam baru di bagian bawah bemper depan serta menambah spoiler di belakang yang membuat Cruze Eco semakin aerodinamis.

Selain transmisi manual, Cruze Eco juga punya transmisi otomatis dengan konsumsi bahan bakar 15,7 km/liter di jalan bebas hambatan dan 11,0 km/liter dalam kota (menurut EPA).

Cruze Eco baru tersedia di dealer-dealer Chevrolet AS pada Januari 2011 dengan banderol US$ 18.895.

Penulis: BBB
Editor: Bastian
GM

Sumber :

Loading...

Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Beyond Hiroshima - The Non-Reporting of Falluja's Cancer Catastrophe.

Diposkan oleh iwan di 15.02  

0 komentar:

Poskan Komentar