“Rute Terjauh 416 Km Uji Ketahanan Mesin dan Rem” plus 3 more

Sabtu, 02 Oktober 2010

“Rute Terjauh 416 Km Uji Ketahanan Mesin dan Rem” plus 3 more


Rute Terjauh 416 Km Uji Ketahanan Mesin dan Rem

Posted: 02 Oct 2010 01:08 PM PDT

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Turing New Honda Mega Pro membelah Pulau Jawa memasuki etape yang dimulai dari Hotel Bahari Inn, Tegal, Sabtu (2/10/2010) yang dilepas pukul 08.11 WIB. Rute menuju Madiun, Jawa Timur menjadi yang terberat karena menempuh jarak 416 km dan tercatat sebagai yang terpanjang dari total 1.277 km "New Brotheroad Mega Pro Perjalanan Street Fighter Sejati".

Melintasi Petarukan, Jawa Tengah, karakteristik jalan standar berupa jalur lurus dengan permukaan jalan tak rata. Sesekali memang ada lubang, tapi tak membuat rombongan terhenti. Pemandangan sawah nan hijau kekuningan seakan menjadi penyemangat. Ditambah terik matahari mulai menyengat kala masuk Pemalang pada pukul 09.39 hingga Pekalongan dan sampai Batang.

Kala memasuki Alas Roban, pendekar New Mega Pro diperkenankan membetot grip gas. "Tarikannya cukup responsif, mulai dari gigi satu sampai lima, semuanya penuh tenaga. Saya sempat menyentuh angka 125 km per jam," ujar Umar dari Honda Mega Pro Club (HMPC) Semarang, hari ini.

Rombongan kemudian tiba di Semarang pukul 11.01 WIB, langsung disambut oleh kemacetan di Jalan Siliwangi. Berkat bantuan vorejder, rombongan pun sampai di pemberhemtiam pertama DP Mall untuk istirahat dan makan siang selama kurang lebih 60 menitan.

Setelah perut terisi penuh, turing dilanjutkan ke Yogyakarta dengan jarak tempuh 114 km. Kondisi jalur kali juga standar, tak ada tikungan, tanjakan, atau jalan rusak yang parah. Riders pun terlihat menikmati perjalanan. Meski relatif aman, sesekali pengendara harus siap mengerem kala mendadak kendaraan di depan berhenti.

Nah, untungnya Honda membekali New Mega Pro dengan fitur pengereman cakram ganda. Kemampuan pengereman menjadi vital dalam sebuah kendaraan bermotor terkait dengan keamanan.

"Rem cakram belakang yang ada sangat membantu performa pengereman. Saya tadi lari 80-90 km per jam dan bisa mengerem sempurna hanya dalam jarak 8 meter dari posisi kendaraan di depan, jarak aman" ujar Edo Rusianto, Blogger dari Jakarta.

Rombongan sampai di Yogyakarta pukul 15:30 WIB. Setelah mendapat istirahat sejenak dan dilakukan penggantian 10 riders baru anggota HMPC Chapter Kota Pelajar.

Baru jalan 15 menit dari lokasi kumpul di McDonald, Jalan Jenderal Sudirman hujan kembali turun. Setelah mengenakan jas hujan, rombongan kemudian melanjutkan perjalanan menuju Madiun melalui beberapa daerah antara lain Prambanan, Klaten, Kertosuro, Solo, Sragen, Mentingan Ngawi dan Masopati.

Diprediksi, riders akan tiba di Madiun pukul 20:16 WIB dan beristirahat di Hotel Merdeka, Jalan Pahlawan 42, Madiun.

Loading...

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Beyond Hiroshima - The Non-Reporting of Falluja's Cancer Catastrophe.

Membedah Kecanggihan Teknologi Jaguar C-X75

Posted: 02 Oct 2010 10:27 AM PDT

KOMPAS..com – Jaguar C-X75 - plug-in electric supersportcar - mobil konsep yang saat ini di pamerkan di Mondiale de L'Automobile Paris 2010, secara teknologi menghebohkan. Banyak hal baru ditemukan pada mobil ini.

Mobil konsep ini dikategorikan sebagai "range extended electric vehicle" atau mobil listrik dengan jarak tempuh jauh. Maklum, dilengkapi generator  yang siap mengisi baterai selama bahan bakar masih ada menghidupkan dua mikro turbin gasnya. Mobil ini juga bisa disebut sebagai hibrida seri, seperti Chevrolet Volt. Diklaim sebagai mobil listrik tercepat saat ini, 330 km/jam.

Mikro-Turbin
Teknologi yang sangat menarik adalah mikro turbin gas yang digunakan untuk mengisi baterai atau memutar langsung motor listrik yang dipasang pada keempat roda. Khusus untuk turbin ini, Jaguar harus bekerjasama dengan  Bladon Jets, perusahaan rekayasa khusus turbin gas di Inggris.

Kedua perusahaan mendapatkan bantuan dari induk Jaguar, Tata Motors $1,8  juta. Untuk generator, tipe switched reluctance (SRG)  menggunakan produk SR Drive. Sebenarnya, pengembangan mikro-turbin gas untuk mobil lebih dahulu oleh sebuah perusahaan Israel, ETV Motors.

Juli mereka telah mencobanya pada Toyota Prius dengan mengganti baterai nickel-metal hydride (NiMH) dengan lithium-ion dan mencopot habis motor bakar diganti dengan mikro turbin gas. Jadilah, Prius tersebut microturbine-electric plug-in hybrid.

80.000rpm
Mikro turbin gas dipasang di tengah, total keduanya menghasilkan tenaga 140kW (188PS) bekerja  pada  putaran konstan 80.000rpm. Keempat motor listrik pada setiap roda, total torsinya 1.600Nm atau masing-masing 440Nm. 

Bladon Jets yang berbasis Shropshire,  Inggris melakukan terobosan  dengan membuat multi-stage kompresor aksial, biasanya digunakan pada turbin gas besar. Sekarang dikecilkan  namun tetap dengan toleransi tinggi. Setiap mikroturbin gas beratnya hanya 35kg.

Menurut, para insinyur Jaguar, Mikro turbin mempunyai beberapa kelebihan sebagai sumber penggerak generator dibandingkan dengan mesin piston bila digunakan. Antara lain, karena tidak banyak  komponen yang bergerak, turbin tidak memerlkan pelumasan dan pendinginan. Semua itu mengurangi bobot. Hebatnya lagi, turbin bisa menggunakan berbagai macam jenis bahan bakar, antara lain diesel, biofuel, BBG dan LPG.

Turbin mencapai putaran dan suhu kerja optimum dalam beberapa detik sehingga dapat digunakan langsung untuk mengisi baterai. Turbin bisa bekerja secara berurutan atau bersamaan, tergantung energi yang dibutuhkan, untuk mengisi baterai. Bisa juga langsung menggerak motor listrik.

Paket Aerodinamika
Karena gas buang membentuk bagian dari paket aerodinamika aktif, Jaguar menggunakan lapisan zirconia-molybdenum khusus. Lapisan canggih tahan panas ini, digunakan pada mobil F-1 dan digunakan semprotan plasma pada difuser serat karbon untuk melindunginya dari gas buang.

Jaguar menargetkan menurunkan coefficient drag (cd) atau hambatan angin untuk meningkakan efisiensi bahan bakar. Untuk ini, C-X75 dilengkapi   saluran tambahan untuk  mengatur volume udara besar yang diperlukan turbin.  Sistem aliran pembuangan dari turbin juga dimanfaatkan sebagai aerodinamika aktif.

Pengemudi dan penumpang berada di depan kotak udara tertutup yang menjadi rumah mikro-turbin gas. Jok dipasang pada seperti mobil balap, dan udara ke turbin mengalir melalui saluran pada struktur bodi. Jok setir, alat-alat konttrol dan intrumen dan boks pedal semua mengatur ke arah pengemudi.

Lubang besar di depan, digunakan sebagai  ventilasi dan pendingin rem yang juga mampu menambah efisiensi aerodinamis. Di belakang, ada permukaanyang bisa mengontrol aliran udara secara  vertikal dan bekerja secara otomatis sesuai dengan kecepatan. Tugasnya mengarahkan aliran udara ke roda belakang untuk meningkatkan stabilitas dan efisiensi, utamanya saat mobil dikebut pada kecepatan tinggi.

Difuser
Difuser belakang yang dibuat dari serat karbon, merupakan elemen penting dalam mengarah aliran udara di kolong mobil dan menciptakan "downforce" atau daya cengkeram. Juga ada  sebuah aerofoil aktif, yang merendah secara otomatis ketika kecepatan mobil bertambah. Kipas-kipas pada lubang buang turbin yang mengubah aliran gas, juga bertugas mengefektifkan saluran Venturi.

Dengan konsep seperti tersebut, bodi mobil sepertinya tetap ramping, kompak dan cepert dan tentu saja terus menghasilkan daya cengkeram dan downforce yang besar.  Cd mobil ini diklaim 0,32.

"Kami ingin  udara mengalir dengan lancar dan dalam jumlah besar,  tidak hanya di atas mobil, juga melalui saluran di dalam kotak udara belakang. Maklum, saat turbin gas bekerja pada 80.000 rpm, membutuhkan 35.000 liter udara setiap menit. Berarti kami perlu membuat sederetan saluran udara secara pas," kata Matt Beaven, desainer Jaguar.

Baterai
Untuk teknologi baterai, - masih menggunakan li-ion – dinilai sangat membatasi performa mobil untuk menjadi yang terhebat. Untuk ini Jaguar mengatakan, para insinyurnya sedang melakukan riset dengan pemasok baterai buat generasi berikutnya. Direncanakan menggunakan baterai dengan sel tenaga agar bisa diperleh kompromi terbaik antara energi dan densitas tenaga.

Sebagai mobil yang efisien energi, rem menggunakan teknologi regeneratif pada seluruh roda yang dikembali ke baterai. Jaguar menggunakan rem berventilasi dengan diameter 380 mm di depan dan 345 mm di belakang. Untuk roda, ukuran 21 dan 22 inci dibalut kare hitam Pirelli 265/30ZR21 dan 365/25ZR22.

Karena menggunakan motor listrik langsung, transmisinya menggunakan satu percepatan. Kendati demikian, tetap ada perbandingan gigi akhir, yaitu 3,1 : 1. Tambahan lain, 50 persen logam yang digunakan bisa didaur ulang. Emisi CO2-nya diklaim 28 gram/km. 

Tata
Sukses kerjasama Blandon dan Jaguar, membuat pemilik Jaguar - Tata dari India - setuju membeli 20 persen perusahaan tersebut. "Ini awal yang sangat menarik bagi perusahaan kami," kata Paul Barrett, bos Bladon Jets.

Belum dijelaskan apakah mobil ini akan  diproduksi atau tidak. Namun yang pasti, Tata sudah punya akses teknologi canggih terkini di dunia otomotif!

 

Loading...

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Beyond Hiroshima - The Non-Reporting of Falluja's Cancer Catastrophe.

Dovizioso Tercepat, Rossi Start Kedua di Motegi

Posted: 02 Oct 2010 06:14 AM PDT

Sabtu, 2 Oktober 2010 | 13:14 WIB

AFP/JAVIER SORIANO

MOTEGI, KOMPAS.COM - Andrea Dovizioso dari tim Honda-Repsol berhasil menempatkan dirinya start di posisi terdepan dalam MotoGP Jepang, Minggu (3/10/2010). Pebalap asal Italia itu mengukir waktu tercepat 1 menit 47,001 detik dan merupakan "pole position" pertamanya.

Di luar dugaan, Jorge Lorenzo yang tampil tercepat dalam sesi latihan terakhir tadi pagi, start di baris kedua (urutan keempat). Calon juara dunia 2010 ini kalah cepat 0,205 detik dari Dovi dan 0,101 detik dari Casey Stoner yang berada di rutan ketiga.

Tak disangka, Valentino Rossi. The Doctor pada men it terakhir bangkit memperbaiki posisinya berada di samping Dovi dengan waktu 1:47,055 detik. Bukan tidak mungkin ia dapat mempersembahkan kemenangan bagi Yamaha sebagai salam perpisahannya di kandang timnya.

Ketat
Meski tanpa keikutsertaan Dani Pedrosa yang mengalami kecelakaan kemarin, tak membungkamkan penampilan Honda. Buktinya, Andrea Dovizioso mampu menjalankan tugasnya sebagai pebalap utama Honda.

Di ajang MotoGP Jepang ini, Honda sangat berambisi bisa mengkandaskan Yamaha yang berlaga di kandang sendiri. Ambisi itu diperlihatkan Dovi yang di luar dugaan mampu mengejutkan skuad Yamaha.

Pada menit ke-30 ia menjadi tercepat dengan 1:47,341 detik. Tak berapa lama dipertajamnya lagi dengan 1:47,223 dan hanya unggul 0,003 detik dari Lorenzo, yang akhirnya pebalap Yamaha ini terus tergeser sampai berada di urutan keempat.

Meski start dari baris kedua, dengan naik podium besok sudah memastikannya meraih juara dunia. Apalagi ia sampai berhasil memenangkan balapan, merupakan prestasi yang lengkap. Raih juara dunia di kandang Yamaha.

Hasil kualifikasi
1. Andrea Dovizioso                             Honda 1m47.001s
2. Valentino Rossi                                Yamaha 1m47.055s + 0.054s
3. Casey Stoner                                     Ducati 1m47.105s + 0.104s
4. Jorge Lorenzo                                   Yamaha 1m47.206s + 0.205s
5. Colin Edwards                                 Tech 3 Yamaha 1m47.464s + 0.463s
6. Ben Spies                                         Tech 3 Yamaha 1m47.648s + 0.647s
7. Randy de Puniet                               LCR Honda 1m47.752s + 0.751s
8. Marco Simoncelli                            Gresini Honda 1m47.914s + 0.913s
9. Alvaro Bautista                                Suzuki 1m48.002s + 1.001s
10. Loris Capirossi                              Suzuki 1m48.068s + 1.067s
11. Nicky Hayden                                 Ducati 1m48.182s + 1.181s
12. Marco Melandri                             Gresini Honda 1m48.238s + 1.237s
13. Aleix Espargaro                             Pramac Ducati 1m48.371s + 1.370s
14. Hiroshi Aoyama                             Interwetten Honda 1m48.396s + 1.395s
15. Hector Barbera                              Aspar Ducati 1m48.535s + 1.534s
16. Mika Kallio                                   Pramac Ducati 1m49.480s + 2.479s

Penulis: SBT
Editor: Bastian

Loading...

Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Beyond Hiroshima - The Non-Reporting of Falluja's Cancer Catastrophe.

Kebut New Honda Mega Pro 135 Km/jam

Posted: 02 Oct 2010 03:32 AM PDT

TEGAL, KOMPAS.com - Saat Honda New Mega Pro resmi diluncurkan ke pasar, banyak yang menyangsikan kemampuannya. Apalagi keputusan PT Astra Honda Motor (AHM) menggunakan mesin baru berkapasitas 150 cc, lebih kecil dari sebelumnya 160cc. Tapi, keraguan itu telah dibuktikan para riders turing New Mega Pro, jelajah Jawa.

Rombongan riders dari Honda Mega Pro Club (HMPC) chapter Bandung, Depok dan Mega Pro Inc Cirebon membuktikan ketangguhan produk sport terbaru Honda. Saat melintas jalur Cirebon-Tegal berjarak 65 km rombongan diberi kesempatan menggeber New Mega Pro. Hasilnya, kecepatan tertinggi berhasil dicapai salah satu riders.

"Tadi saya sempat tertinggal, jadi saya kebut saja dan di speedometer tampil angka 135 km per jam," ujar Agung Budiman, Ketua HMPC Chapter Bandung, semalam.

Agung mengaku, respon mesin baru New Mega Pro jauh lebih baik ketimbang model lawas. Apalagi bermain di putaran bawah, lebih responsif. Honda membekali sepeda motor ini dengan mesin baru berkapasitas 149,2 cc, 4-langkah, SOHC berpendingin udara yang diklaim mampu menyemburkan tenaga 13,7 PS pada putaran 8.500 rpm dan torsi maksimum 1,31 kgf.m pada putaran 6.500 rpm.

Selain itu, sistem suspensi terbaru motor sport yang mendengungkan konsep "The Real Street Fighter" ini juga makin mantap. Jalanan bergelombang dan berlubang sepanjang Jalur Pantai Utara berhasil dilalap New Mega Pro tanpa masalah berarti.

"Kalau Mega Pro lama memang penyerapan getaran lebih terasa, kalau ini (New Mega Pro) jauh lebih halus," beber Agung.

Hal serupa disampaikan Handi, Ketua HMPC Chapter Tanggerang, "Mungkin karena mono-shock jadi kestabilan serta handling motor jauh lebih enak dari model sebelumnya".

Berangkat ke Madiun
Sementara itu, setelah semalam beristirahat di Bahari Inn Tegal rombongan kemudian melanjutkan perjalanan menuju Madiun melalui dua kota besar Semarang dan Yogyakarta. Riders yang berada di balik setang pun berbeda yakni Honda Mega Pro Club (HMPC) Chapter Semarang 10 orang dan lima wartawan lokal.

Rombongan bertolak dari Tegal pukul 08.05 WIB dan akan menuju pemberhentian di etape pertama turing tahap kedua di Semerang dengan jarak tempuh 37 km. Diprediksi, kedatangan rombongan 11.28 WIB di DP Mall. Gathering kecil akan diadakan menggadeng club lokal disertai hiburan artis setempat.

Loading...

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Beyond Hiroshima - The Non-Reporting of Falluja's Cancer Catastrophe.

Diposkan oleh iwan di 15.02  

0 komentar:

Poskan Komentar