“Red Bull 1-2, Vettel Juara di Suzuka” plus 3 more

Minggu, 10 Oktober 2010

“Red Bull 1-2, Vettel Juara di Suzuka” plus 3 more


Red Bull 1-2, Vettel Juara di Suzuka

Posted: 10 Oct 2010 07:31 AM PDT

SUZUKA, KOMPAS.COM - Red Bull Racing kembali memperlihatkan keperkasaannya dengan finish 1-2 di F1 Jepang. Sebastian Vettel menjadi yang terbaik di lomba menempuh 53 lap ini tanpa bisa dilawan baik oleh pesaingnya, maupun rekan setimnya sendiri, Mark Webber.

Penampilan Vettel memang begitu dominan di sirkuit Suzuka ini. Bayangkan, di babak kualifikasi, ketiga sesi terus dikuasai pebalap berusia 23 tahun itu sebagai yang tercepat. Begitu juga saat lomba, begitu start, pebalap Jerman ini melejit mulus ke depan dan tak terkejar sampai finish yang diselesaikannya dengan total waktu 1 jam 30 menit 27,323 detik.

Dengan kemenangannya itu, ia mendapat tambahan 25 angka menjadi total 206 angka. Posisinya pun langsung melejit dari kelima menjadi ketiga di belakang Mark Webber yang finiah kedua dan Fernando Alonso (Ferrari) finish ketiga. Bahkan peraihan total angkanya sama dengan Alonso.

Prestasi finish 1-2 Red Bull Racing ini merupakan yang ketiga tahun musim balap 2010. Dua sebelumnya di ukir di Malaysia dan Monza (Italia) dan dengan kemenangan ini posisi konstruktor Red Bull di tangga keratas semakin kokoh dengan total 426 angka.

Gebrakan hebat diperlihatkan Lewis Hamilton. Start dari urutan ke delapan, pebalap Mclaren ini bisa menyodok tiga pebalap sekaligus. Dirinya lantas tertahan di belakang rekan setimnya. Sempat coba menyodok dari sisi dalam di tikungan tusuk konde lap 45, namun dapat diambil Button saat ke luar tikungan.

Drama start
Begitu meninggalkan garis start, empat pebalap tidak bisa mengikuti lomba. Nico Hulkenberg (Williams) bersenggolan dengan Petrov (Renault) yang menghajar diding pembatas di trek lurus.

Jelang masuk tikungan pertama, Felipe Massa yang menyodok dari sisi dalam, beberapa meter maau masuk tikungan pertama, posisinya melebar ke luar. Akibatnya, pebalap Brasil itu senggolan dengan Luizzi (Force India).

Safety car pun ke luar. Nasib malanh menimpa rekan setim petrov, Robert Kubica. Pada lap lapke-3 saat masih dalam formasi dipandu SC, tiba-tiba menempi. Kejadian ini membuat Red Bull 1-2.

Pada lap 49, bendera kuning berkibar. Mobil Mercedes yang dikemudikan Nico Rosberg melintir di tikungan ringan dan ban belakang kiri lepas. Mobil pun menghantam dinding pembatas meski tidak kencang.

GP F1 Jepang
Lap             : 53
Total jarak :307.573km;
Cuaca          : cerah

Pemanang
1. Vettel                 Red Bull-Renault               1h30:27.323
2. Webber              Red Bull-Renault                      + 0.905
3. Alonso               Ferrari                                      + 2.721
4. Button                McLaren-Mercedes                 + 13.522
5. Hamilton           McLaren-Mercedes                 + 39.595
6. Schumacher        Mercedes                                + 59.933
7. Kobayashi          Sauber-Ferrari                     + 1:04:038
8. Heidfeld            Sauber-Ferrari                      + 1:09.648
9. Barrichello       Williams-Cosworth               + 1:10.846
10. Buemi             Toro Rosso-Ferrari                 + 1:12.806
11. Alguersuari     Toro Rosso-Ferrari                     + 1 lap
12. Kovalainen     Lotus-Cosworth                           + 1 lap
13. Trulli               Lotus-Cosworth                        + 2 laps
14. Glock              Virgin-Cosworth                        + 2 laps
15. Senna              HRT-Cosworth                          + 2 laps
16. Yamamoto                                  + 3 laps
17. Rosberg           Mercedes + 5 laps

Fastest lap: Webber, 1:33.474

Pebalap tidak finish                              lap
Sutil           Force India-Mercedes        45
Kubica       Renault                                 4
Hulkenberg Williams-Cosworth            1
Massa         Ferrari                                1
Petrov         Renault                               1
Liuzzi         Force India-Mercedes        1
Di Grassi Virgin-Cosworth                  1

Peringkat Pebalap                                    Konstruktor
1. Webber             220                           1. Red Bull-Renault 426
2. Alonso              206                           2. McLaren-Mercedes 381
3. Vettel                206                           3. Ferrari 334
4. Hamilton           192                           4. Mercedes 176
5. Button               189                            5. Renault 133
6. Massa               128                            6. Force India-Mercedes 60
7. Rosberg            122                            7. Williams-Cosworth 58
8. Kubica              114                             8. Sauber-Ferrari 37
9. Schumacher         54                            9. Toro Rosso-Ferrari 11
10. Sutil                  47
11. Barrichello       41
12. Kobayashi        27
13. Petrov              19
14. Hulkenberg      17
15. Liuzzi               13
16. Buemi                8
17. De la Rosa        6
18. Heidfeld           4
19. Alguersuari      3

Loading...

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Beyond Hiroshima - The Non-Reporting of Falluja's Cancer Catastrophe.

Vettel Start Terdepan, Duo Red Bull Perkasa

Posted: 10 Oct 2010 02:11 AM PDT

SUZUKA, KOMPAS.com — Luar biasa performa kedua mobil Red Bull Racing, terutama Sebastian Vettel yang berhasil merebut pole position F1 Jepang yang dilakukan Minggu (10/10/2010) pagi ini di Sirkuit Suzuka. Pebalap Jerman itu mengukir waktu tercepatnya 1 menit 30,785 detik.

Penampilan Vettel yang kini menduduki peringkat keempat sementara itu sangat konsisten. Sejak kualifikasi pertama sampai babak ketiga terus menjadi yang tercepat. Bahkan di Q3 di bawah cuaca yang bersahabat dan cerah, ia mempertajam waktu dari 1:30,792 menjadi 1:30,785.

Di samping Vettel di garis start ada rekan setimnya, Mark Webber. Ini kesempatan baik bagi pebalap Australia itu untuk memperlebar jarak pengumpulan angka yang kini sudah dikantongi total 202 angka dengan Fernando Alonso di urutan kedua (192). Tinggal, bagaimana startnya, karena Webber sangat tidak konsisten soal start.

Tercepat ketiga yang direbut Lewis Hamilton membuatnya harus mundur ke grid ke delapan. Pebalap McLaren itu kena penalti lantaran ganti girboks. Dengan pergeseran ini yang paling beruntung Robert Kubica (Renault), yang start keempat menjadi ketiga.

Sementara Alonso yang finis tercepat kelima juga kecipratan keuntungan jadi start dari baris kedua. Persaingan nanti siang bakal seru, baik trek kering maupun basah.

Jalannya kualifikasi

Pada sesi pertama, dengan kondisi cuaca yang cerah, para pebalap—terutama papan atas—belum mau tampil maksimal. Kebanyakan mereka lebih memilih ban kompon keras untuk mengukur performa dan daya cengkeram.

Sebastian Vettel dari Red Bull Racing menjadi yang tercepat pertama di kelompok pebalap papan atas. Pebalap Jerman itu mengukir 1:32,168 yang diraih pada menit ke-13, setelah sebelumnya dikuasai rookie Nico Hulkenberg (Williams) yang beberapa kali tampil tercepat.

Masuk sesi kedua (Q2), para pebalap top masih tetap menggunakan ban kompon keras. Kecuali duo Ferrari, menjajal ban kompon lunak. Massa pun belum bisa menyodok ke depan bahkan di tikungan "S" mobilnya sempat oversteer.

Waktu terbaik sesungguhnya mulai diukir karena tak ingin tersingkir di Q2 dan start dari barisan tengah. Mark Webber membuka diri menjadi yang tercepat pada menit kelima dengan waktu 1:31,615. Sementara rekan setimnya, Vettel, masih mencari setelan yang pas selama dua lap.

Q2 ditutup dengan kembalinya Vettel yang tercepat dengan waktu terbaik 1:31,184 detik diikuti rekan setimnya, Webber, Hamilton, Button, dan Alonso. Sayang, Massa tak dapat melanjutkan Q3 karena catatan waktunya 1:32,374 kurang bagus dan harus start di urutan ke-12.

Seperti sudah diperkirakan, sesi terakhir ini, 10 pebalap teratas memasang ban kompon lunak. Paling ngotot tentu Lewis Hamilton. Hukuman turun 5 grid karena ganti girboks membuatnya harus masuk tiga besar tercepat agar saat balapan siang bisa bersaing ke depan.

Lagi-lagi Vettel unjuk kebolehan dan kehebatan RB6. Ia menjadi tercepat mempertajam waktunya di Q2 menjadi 1:30,792 detik. Kedua mobil Red Bull sementara ini berada di depan. Tampaknya, dari dua kualifikasi sebelumnya, posisi start terdepan direbut pebalap Red Bull.

Hasil kualifikasi
1.Vettel                     Red Bull                 1m32.035s     1m31.184s     1m30.785s
2.Webber                  Red Bull                 1m32.476s     1m31.241s      1m30.853s
3.Hamilton                McLaren                 1m32.809s     1m31.523s     1m31.169s
4.Kubica                   Renault                   1m32.808s      1m32.042s     1m31.231s
5.Alonso                   Ferrari                    1m32.555s      1m31.819s     1m31.352s
6.Button                   McLaren                   1m32.636s    1m31.763s      1m31.378s
7.Rosberg                Mercedes                 1m32.238s     1m31.886s     1m31.494s
8.Barrichello           Williams                  1m32.361s     1m31.874s     1m31.535s
9.Hulkenberg          Williams                   1m32.211s     1m31.926s     1m31.559s
10.Schumacher        Mercedes                 1m32.513s     1m32.073s     1m31.846s
11.Heidfeld             Sauber                      1m33.011s     1m32.187s
12 .Massa                Ferrari                     1m32.721s      1m32.321s
13.Petrov                 Renault                    1m32.849s      1m32.422s
14.Kobayashi          Sauber                     1m32.783s       1m32.427s
15.Sutil                   Force India              1m33.186s       1m32.659s
16.Alguersuari       Toro Rosso               1m33.471s      1m33.071s
17.Liuzzi                Force India               1m33.216s       1m33.154s
18.Buemi               Toro Rosso               1m33.568s
19.Trulli                 Lotus                        1m35.346s
20.Kovalainen       Lotus                         1m35.464s
21.di Grassi           Virgin                       1m36.265s
22.Timo Glock       Virgin                      1m36.332s
23.Bruno Senna     Hispania                   1m37.270s
24.yamamoto         Hispania                   1m37.365s

Loading...

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Beyond Hiroshima - The Non-Reporting of Falluja's Cancer Catastrophe.

Honda Jazz "Facelift" Meluncur 2011 di Indonesia

Posted: 10 Oct 2010 12:45 AM PDT

Minggu, 10 Oktober 2010 | 07:45 WIB

HOUSTANCAR

BANDUNG, KOMPAS.com — Honda Motor Corporation, dua hari lalu, Jumat (8/10/2010), baru saja memperkenalkan Honda Fit (Jazz di Indonesia) facelift. Langkah itu akan diikuti Indonesia tahun depan, seperti diinformasikan Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor (HPM), di sela-sela acara 10 tahun CR-V di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (9/10/2010) kemarin.

Disinggung soal kemungkinan hadirnya varian baru, Jonfis menyatakan bahwa pihaknya cukup puas dengan dua model terakhir yang dipasarkan. "Di Indonesia ini tanggung, saat ada pilihan mesin 1,3 L, tenaganya lebih kecil dibanding mesin 1,5 L, namun pajaknya sama saja. Akan lebih menguntungkan jika kita produksi Jazz 1,5L lebih banyak," tegasnya.

Jazz Hybrid
Mengenai varian bermesin hibrida yang juga diperkenalkan di Jepang, Jonfis menyatakan tak akan memasukkan ke Indonesia dalam waktu dekat. "Kami belum memikirkan untuk membawanya (varian hybrid) ke sini karena pasarnya yang belum jelas," ujar Jonfis. Masyarakat Indonesia, lanjutnya, masih memerlukan edukasi yang lebih banyak mengenai teknologi hybrid.

Selain itu, menurutnya, harga mobil berteknologi hibrida masih mahal. Sebagai contoh, saat HPM membawa Civic Hybrid ke Tanah Air pada 2008. Saat itu, Civic standar memiliki banderol Rp 275 juta, sedangkan Civic Hybrid mencapai Rp 490 juta. "Kita memerlukan dukungan regulasi lebih jelas mengenai penggunaan teknologi ini," ujarnya.

Penulis: BBB
Editor: Bastian

Loading...

Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Beyond Hiroshima - The Non-Reporting of Falluja's Cancer Catastrophe.

Honda Rayakan 10 Tahun Kesuksesan CR-V

Posted: 10 Oct 2010 12:17 AM PDT

BANDUNG, KOMPAS.com — Sejak diperkenalkan 10 tahun lalu, Honda CR-V secara konsisten terus memimpin pasar SUV di Indonesia. Diakui oleh PT Honda Prospect Motor (HPM), ATPM Honda, bahwa SUV kompak ini menjadi salah satu tonggak sejarah Honda di Tanah Air.

"CR-V merupakan pilar kekuatan Honda di Tanah Air. Sebelum tahun 2000, kami hanya memiliki pabrik kecil yang kapasitasnya 10.000 unit. Namun, setelah CR-V lahir, kapasitasnya bertambah jadi 60.000 unit," jelas Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT HPM, di sela acara "10 untuk CR-V di Indonesia" di Ballroom Hotel Hilton, Bandung, Sabtu (9/10/2010).

CR-V pertama kali diperkenalkan di Jepang pada 1995, kemudian menyebar ke Asia dan Oseania (1996) dan berlanjut ke Eropa serta Amerika Utara (1997). Baru pada 2000 masuk masuk pasar Indonesia. "Hingga saat ini, CR-V telah terjual lebih dari 4,435 juta unit di 160 negara dan menjadi salah satu penyumbang penjualan terbesar Honda di pasar global," ujar Yosep Swasono Agus, Corporate Communication Manager HPM.

Selama 10 tahun di Indonesia, CR-V telah terjual 93.512 unit hingga September 2010 dan selalu menjadi pemimpin pangsa pasar di kelasnya. Pembuktian sebagai produk terbaik juga ditunjukkan oleh berbagai penghargaan internasional dan nasional. "CR-V telah menerima 18 penghargaan di Indonesia, mulai dari mobil pilihan konsumen, kepuasan konsumen hingga car of the year," bangganya.


Bonus GPS

Berkenaan dengan ulang tahun ke-10, Honda akan memberi bonus berupa peranti navigasi GPS portabel bagi pembeli CR-V selama Oktober 2010, mulai Senin (11/10/2010). Yang istimewa, peranti lansiran Garmin ini telah dilengkapi dengan Point of Interest (POI) berupa lokasi dealer dan bengkel resmi Honda. "Meski sudah ada layanan iMobili yang juga menyediakan lokasi dealer dan bengkel, dengan GPS ini, konsumen dapat lebih mudah untuk menemukan bengkel," ujar Jonfis.

Soal harga masih tetap sekalipun ada bonus. Honda CR-V 2.0L MT dibanderol Rp 346 juta, 2.0L AT Rp 357 juta, dan 2.4L AT Rp 386 juta, semuanya dengan kondisi on the road Jakarta.

Loading...

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Beyond Hiroshima - The Non-Reporting of Falluja's Cancer Catastrophe.

Diposkan oleh iwan di 15.03  

0 komentar:

Poskan Komentar