“Alonso Juara F1 Korea, Duo Red Bull Rontok” plus 1 more

Minggu, 24 Oktober 2010

“Alonso Juara F1 Korea, Duo Red Bull Rontok” plus 1 more


Alonso Juara F1 Korea, Duo Red Bull Rontok

Posted: 24 Oct 2010 08:52 AM PDT

YEONGAM, KOMPAS.com — GP F1 Korea yang digelar pada Minggu (24/10/2010) penuh drama akibat guyuran hujan. Lomba menempuh 55 lap yang sempat dipandu safety car sampai tiga kali itu akhirnya dimenangi oleh Fernando Alonso setelah pesaingnya, Sebastian Vettel, menyerah akibat jebol mesin.

Alonso menyelesaikan balapan seri ke-17 ini dalam waktu 2 jam 48 menit 20,810 detik. Kemenangan diraih berkat kecekatan mekanik dalam melakukan pembenahan melalui penggantian komponen. Ternyata, hasilnya, mantan juara dunia 2005 dan 2006 ini mendapat nilai penuh, 25 angka, dan mengambil alih pimpinan klasemen sementara dengan 231 angka.

Alonso termasuk yang cukup hebat di trek basah selain juga Vettel dan Michael Schumacher semasa jayanya. Ia membuktikan hal ini ketika posisi keduanya diambil Hamilton akibat terlalu lama mendekam di pit. Di sini ia coba menekan Hamilton saat safety car (SC) masuk pit. Baru di tikungan kedua, Hamilton terlalu melebar. Dengan begitu, Alonso pun dapat mengambil kembali posisi kedua.

Ia kemudian coba menekan Vettel. Apa lacur, pebalap Red Bull mengalami gangguan mesin. Pada lap ke-47, asap tebal mengebul dari belakang dan Vettel berhenti.

Nasib baik dialami Hamilton. Seandainya Nico Rosberg tidak menabrak Webber, mungkin ceritanya akan lain. Saat trek dalam kondisi licin, Rosberg dapat menyalip Hamilton yang saat balapan sempat keluar lintasan meski ia dapat menjinakkan mobil dan masuk ke trek lagi.

Sukses Alonso juga diikuti oleh rekan setimnya, Felipe Massa. Pebalap Brasil ini sudah menunjukkan kehebatannya sejak start. Ia dapat menggeser Jenson Button dan bertahan di posisi ketiga.

Seperti sudah diperkirakan Kompas.com saat sesi latihan bebas, Alonso sangat berpeluang memenangi balapan di sirkuit baru. Ini seperti ketika dia memenangi balapan di Singapura. Yang jelas, balapan di Korea ini menjadi hari yang baik bagi Ferrari.

Weber dan Red Bull kandas
Para pebalap kembali dituntun oleh SC tepat pukul 16.05. Hamilton mengatakan bahwa kondisi lintasan cukup baik dan dia bisa mengembangkan kecepatan. Begitu juga Button, ia menyampaikan lewat radio bahwa situasi agak lebih baik, tetapi tetap basah.

SC terus mengitari lintasan sampai memastikan bahwa tidak ada bagian lintasan yang tergenang air. Sampai 4 lap pertama, belum ada tanda-tanda SC masuk pit.

Bicara soal lintasan basah, Michael Schumacher sempat sliding di tikungan dan mobilnya pun keluar lintasan. Beruntung, ia masih bisa masuk trek. Selanjutnya, hujan turun kembali saat SC mengitari lap ke-9 (atau kelima pasca-restart).

Menurut radar panitia, hujan akan berhenti tiga menit lagi. Sementara itu, SC sudah lap ke-11.

Pada lap ke-17, SC masuk pit dan balapan dimulai. Di luar dugaan, Nico Rosberg (Mercedes) berhasil menyalip Hamilton dan meraih posisi ke keempat. Sementara itu, Felipe Massa melibas Jenson Button.

Baru membalap dua lap, pemimpin klasemen sementara, Webber, keluar tikungan dan terlalu melebar. Bannya memijak tanah sehingga mobil yang ia kendarai melintir masuk trek membentur dinding pembatas. Apesnya, mobil tidak berhenti, tetapi menyebrang dan kemudian dihajar oleh Rosberg.

SC pun kembali masuk lintasan. Formasi pun berubah menjadi Vettel, Alonso, Hamilton, Massa, Button, dan Schumacher.

SC masuk kembali pada lap ke-23. Namun, baru satu lap, bendera kuning kembali berkibar karena ada serpihan di lintasan akibat tabrakan Jarno Trulli (Lotus) dengan Bruno Senna pada lap ke-25.

Michael Schumacher yang semasa jaya dijuluki The Rain Master menunjukkan sisa kebolehannya. Pada lap ke-27, ia dapat menyalip Button di tikungan. Namun, di saat bersamaan, bendera kuning lagi-lagi berkibar (Yamamoto menabrak dinding pembatas akibat melintir). Entah apakah langkah itu sah.

Setelah balapan berjalan lagi, SC pun lagi-lagi kembali masuk trek pada lap ke-32 akibat peristiwa tabrakan Buemi (Toro Rosso) yang melakukan kesalahan di tikungan. Kesempatan itu dimanfaatkan Massa dan Hamilton secara bersamaan untuk mengganti ban. Satu lap kemudian, giliran Vettel dan Alonso bersamaan mengganti ban.

Sayang, di pit, Alonso mendekam cukup lama, 29 detik lebih. Mekanik pengganti ban depan kanan tidak secepat yang depan kiri. Akibatnya, posisi keduanya diambil oleh Hamilton. Namun, SC masuk pit pada lap ke-34.

Walau demikian, kemudian, Alonso berhasil mengambil alih posisi keduanya setelah Hamilton melakukan kesalahan di tikungan kedua. Tampak sekali kalau Hamilton sangat tidak gapai di trek basah.

Balapan terus berlanjut hingga sejumlah lokasi tertentu di trek sudah mulai kering. Di situ, para pebalap coba mengembangkan kecepatan. Namun, apes bagi Petrov (Renault). Di tikungan terakhir, karena terlalu kencang, mobilnya pun tidak membelok akibat kehilangan traksi dan lurus menghantam dinding pembatas. Bendera kuning pun kembali berkibar.

Drama 55 lap di atas lintasan basah itu akhirnya menjadi milik Alonso setelah Vettel harus meminggirkan mobilnya di trek.

Hasil lomba

1. Alonso               Ferrari                            2:48:20.810
2. Hamilton            McLaren-Mercedes             + 14.999
3. Massa                 Ferrari                                + 30.868
4. Schumacher       Mercedes                             + 39.688
5. Kubica               Renault                                + 47.734
6. Liuzzi                 Force India-Mercedes         + 53.571
7. Barrichello        Williams-Cosworth          + 1:09.257
8. Kobayashi          Sauber-Ferrari                  + 1:17.889
9. Heidfeld            Sauber-Ferrari                   + 1:20.107
10. Hulkenberg     Williams-Cosworth             + 1:20.851
11. Alguersuari     Toro Rosso-Ferrari             + 1:24.146
12. Button             McLaren-Mercedes              + 1:29.939
13. Kovalainen      Lotus-Cosworth                        + 1 lap
14. Senna               HRT-Cosworth                        + 2 laps
15. Yamamoto        HRT-Cosworth                       + 2 laps

Fastest lap: Alonso, 1:50.257

Gagal finis
Sutil Force       India-Mercedes 63
Vettel               Red Bull-Renault 62
Petrov              Renault 56
Glock              Virgin-Cosworth 48
Buemi              Toro Rosso-Ferrari 47
Di Grassi          Virgin-Cosworth 42
Trulli                Lotus-Cosworth 42
Webber            Red Bull-Renault 35
Rosberg            Mercedes 35

Peringkat sementara setelah Seri 17
Pebalap                                          Konstruktor
1. Alonso                231                 1. Red Bull-Renault 426
2. Webber               220                 2. McLaren-Mercedes 399
3. Hamilton             210                  3. Ferrari 374
4. Vettel                  206                 4. Mercedes 188
5. Button                 189                 5. Renault 143
6. Massa                 143                 6. Force India-Mercedes 68
7. Kubica                124                 7. Williams-Cosworth 65
8. Rosberg              122                  8. Sauber-Ferrari 43
9. Schumacher          66                  9. Toro Rosso-Ferrari 11
10. Barrichello         47
11. Sutil                   47
12. Kobayashi          31
13. Liuzzi                 21
14. Petrov                19
15. Hulkenberg        18
16. Buemi                  8
17. De la Rosa          6
18. Heidfeld             6
19. Alguersuari        3

 

Loading...

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Beyond Hiroshima - The Non-Reporting of Falluja's Cancer Catastrophe.

Start F1 Korea Ditunda akibat Hujan

Posted: 24 Oct 2010 06:36 AM PDT

Minggu, 24 Oktober 2010 | 13:36 WIB

AFP JUNG YEON-JE

YEONGAM, KOMPAS.com — Balapan F1 Korea Selatan yang semula dilepas pukul 15.00 waktu setempat (pukul 13.00 WIB) ditunda akibat guyuran hujan cukup lebat. Beberapa bagian trek Yeongam yang panjangnya 5,612 km itu tergenang air.

Pebalap McLaren, Jenson Button, mengabarkan lewat radio bahwa ketika melintas di trek untuk melakukan start dengan cara rolling dan dipandu safety car (SC), dia tak dapat melihat ban depannya. "Bahkan, tikungan ketiga banyak air," kata Webber.

Setelah dipandu SC sebanyak tiga lap, akhirnya para pebalap kembali ke formasi semula dan berhenti di garis start. Ada pebalap yang keluar dari kokpit dan menuju pit.

Balapan ditunda sampai pukul 15.45 atau bahkan bisa lebih, tergantung kondisi cuaca. Padahal, di sekitar sirkuit, matahari terbenam pukul 17.45.

Penulis: SBT
Editor: Bastian

Loading...

Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Beyond Hiroshima - The Non-Reporting of Falluja's Cancer Catastrophe.

Diposkan oleh iwan di 15.02  

0 komentar:

Poskan Komentar