“Aksi Mogok Landa GM di India” plus 3 more

Minggu, 31 Oktober 2010

“Aksi Mogok Landa GM di India” plus 3 more


Aksi Mogok Landa GM di India

Posted: 31 Oct 2010 09:10 AM PDT

Minggu, 31 Oktober 2010 | 16:10 WIB

INAUTONEWS

GUJARAT, KOMPAS.com — General Motors tengah dipusingkan aksi mogok para pekerja di pabrik Halol di Gujarat, India, yang mengakibatkan aktivitas terhenti dan produksi terganggu. Sedikitnya, tercatat 450 pekerja menuntut kenaikan gaji.

Aksi mogok dilakukan sejak Sabtu (30/10/2010) dan terus berlanjut sampai hari ini. Padahal, sebelumnya GM sudah menjanjikan ada kenaikan gaji, tetapi realisasinya tak kunjung tiba, sampai akhirnya terjadi aksi demo. Dampak lain, rencana menaikkan kapasitas produksi dengan menambah jumlah shift menjadi tiga dari sebelumnya dua pun gagal. Manajemen GM menyatakan menerima tuntutan pekerja dan segera menemui mereka untuk diajak diskusi.

Di Halol, GM memproduksi berbagai model, seperti Aveo U-Va, Aveo sedan, Optra sedan, Cruze, dan Taveral. Setiap hari, kapasitas produksi mencapai 150 unit dan mempekerjakan 900 pekerja.

"Sampai kini, kerugian produksi mencapai 225 unit karena permasalahan ini. Produksi di shift pertama tak bisa dilaksanakan. Kami harap bisa mencapai kesepakatan dengan pekerja dan pabrik kembali berproduksi segera," ujar Vice President GM India P Balendran, seperti dilansir autoevolution, Sabtu (30/10/2010).

"Saat berbicara di depan publik, mereka (GM) mengaku sebagai perusahaan multinasional, tetapi gaji kami hanya setengah dari pabrik otomotif lain di India. Kami menuntut adanya kesamaan nasib," ujar salah seorang pekerja.

Penulis: AGK
Editor: Bastian
INDIA-BRIEFING

Sumber :

Loading...

Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Beyond Hiroshima - The Non-Reporting of Falluja's Cancer Catastrophe.

Selamat! Robot Asimo Ultah 10 Tahun

Posted: 31 Oct 2010 08:37 AM PDT

Minggu, 31 Oktober 2010 | 15:37 WIB

HONDA WORLDWIDE/KOMPAS.COM

TOKYO, KOMPAS.com — Bagi pencinta otomotif di Indonesia, pasti kenal dengan ASIMO. Itu lho, robot yang lincah dan gesit serta menggemaskan ciptaan Honda Motor Co (HMC). Nah, hari Minggu (31/10/2010) ini, tanpa terasa maskot Honda tersebut genap berusia 10 tahun dan tengah merayakannya.

HMC secara khusus meluncurkan situs khusus http://world.honda.com/ASIMO yang menampilkan evolusi ASIMO selama 10 tahun ini. Ada juga aplikasi khusus yang bisa diunduh untuk berbagai model smartphone dan iPhone untuk berinteraksi secara virtual dengan robot ini melalui ponsel.

ASIMO diciptakan sebagai bagian dari penelitian dan pengembangan Honda di bidang robot satu dekade yang lalu. Sekarang ASIMO terus berkembang, mampu melakukan berbagi kegiatan layaknya manusia mulai dari jalan, lari, naik tangga, memegang benda, merespons perintah, mengenali wajah, sampai menghindari obyek rintangan.

Keberadaan sang robot selalu menjadi bagian dari promosi Honda dalam bidang teknologi. Ia telah terbang ke mancanegara dengan menggunakan pesawat khusus untuk ikut menyukseskan acara Honda.

Tujuan akhir Honda adalah menciptakan robot yang mampu membantu kehidupan manusia dalam kegiatan sehari-hari, termasuk melakukan hal berbahaya, seperti memadamkan api sampai membersihkan tumpahan zat asam tanpa membahayakan manusia itu sendiri.

Honda menyatakan akan terus meneruskan penelitian dan pengembangan ASIMO untuk meningkatkan kemampuannya. Honda juga berharap bisa menciptakan sebuah robot yang bisa berinteraksi langsung dengan manusia.

Penulis: AGK
Editor: Bastian
Honda

Sumber :

Loading...

Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Beyond Hiroshima - The Non-Reporting of Falluja's Cancer Catastrophe.

CBR 250R Sentuhan Mugen dan Honda

Posted: 31 Oct 2010 02:56 AM PDT

Minggu, 31 Oktober 2010 | 09:56 WIB

KOMPAS.COM/SBT

Mugen hanya memberi sentuhan pada knalpot, motif kelir dan pelek

BANGKOK, KOMPAS.com — Saat peluncuran Honda CBR 250R di Centera Grand, Rabu (27/10/2010), Honda Motor Co (HMC) memajang lebih dari lima unit dan satu berupa mesin berikut knalpot yang tampak jeroannya. Dari kelima sepeda motor sport itu, tiga di antaranya telah mendapat sentuhan atau dimodifikasi ringan.

Yang menarik, salah satunya karya Mugen yang selama ini lebih identik dengan modifikasi roda empat milik Honda. Dari pengamanatan Kompas.com, perubahan hanya pada bodi, sedangkan untuk mesinnya tidak didapat data konkret lantaran pihak HMC tak memberi informasi.

Sentuhan yang dilakukan Mugen tampak pada model knlapot yang bisa mendongkrak tenaga. Untuk mempertegas sebagai sepeda motor sport, bibir pelek berkelir hitam dikasih merah bertuliskan Mugen.

Pada bodi, fairing dikasih motif angin yang tarikan merahnya segaris dengan sepatbor depan dan menyambung dengan sadel yang dibungkus kulit merah. Terakhir, pijakan kaki buat pengendara diganti yang lebih sporty serta bagian atas tangki dikasih warna keemasan.

Sementara CBR 250R satunya lagi hasil garapan Honda sendiri (original equipment performance Honda). Sentuhan yang dilakukan sifatnya lebih pada penampilan.

Seperti pelindung knalpot, model standar diganti dengan bahan serat karbon. Pijakan kaki standar pengendara sudah bergaya balap. Lalu, penutup mesin sebelah kiri dan kanan dikasih pelindung, grip gas disesuaikan dengan warna tangki dan fairing yang merah, termasuk juga tutup rumah minyak rem.

Untuk bagian depan, hanya sepatbor yang diganti dengan bahan serat karbon. Desain pegangan kedua spion juga diubah.

 

 

 

Penulis: SBT
Editor: Bastian

Loading...

Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Beyond Hiroshima - The Non-Reporting of Falluja's Cancer Catastrophe.

Chevrolet Volt, Bukan Mobil Listrik Biasa - Bagian 2

Posted: 30 Oct 2010 11:02 PM PDT

KOMPAS.com - Saat mengemudikan Chevrolet Volt, kesan yang diperoleh sama saja dengan mobil bermesin bensin. Chevrolet tampaknya sukses menyuguhkan paket mobil listrik, membuat orang tak canggung saat pertama kali mengenalnya.

Pada panel instrumen ada  indikator berupa bola hijau yang mengambang. Bola ini akan menunjukkan, apakah sang supir mengendarai Volt dengan ekonomis atau tidak. Kondisi paling ekonomis, bola tetap berada di tengah. Bola akan naik jika pengemudi berakselerasi cepat atau saat berdeselerasi (melambat).

Pada layar, di konsol tengah dashboard, ada  indikator yang menunjukkan alur skema energi Volt. Pada kondisi normal,  tampak energi yang berasal dari baterai menuju ke motor listrik untuk menggerakkan roda. Keika pedal gas dilepas dan rem diinjak, tampak energi mekanis diubah menjadi listrik dari sistem rem regeneratif  mengisi baterai.

Konsumsi Bensin

Ketika energibaterai lithium-ion   mulai berada di bawah 30 persen, otomatis generator akan mulai memasok energi tambahan ke baterai. Mesin bensin 1,4liter beroperasi, memutar generator dengan lembut. Hanya sedikit dengungan saat mesin menyala. Namun suara ini bisa didengarkan dengan seksama atau kaca pintu dibuka.

Energi tambahan dari  generator berfungsi  mempertahankan kondisi baterai agar selalu punya cadangan  minimal 30 persen dan juga dimanfaatkan harus melakukan akselerasi dengan cepat. Pada layar konsol tengah, juga ditayangkan  alur energi yang menandakan  mesin bensin hidup, memutar generator dan mengisi baterai.

Pada panel instrumen informasi jarak yang dapat ditempuh jumlah bensin di dalam tangki. Volt yang saya uji telah menempuh jarak 57,8 km dan hanya menghabiskan 0,3 liter bensin. Artinya, konsumsi bahan bakar rata-rata saat dites 192,6 km/liter.

Lebih Ceper
Respon spontan mobil ini membuat saya percay, akselerasi 0- 100 km/jam dapat diraih  di bawah 9.0 detik seperti diklaim GM.  

Karakter suspensi sedikit keras   mendukung performa mobil in. Sasisnya  menghasilkan  pengendalian dinamis, Faktor lain, postur mobil yang ceper (40 mm lebih rendah dibanding mobil-mobil sedan/hatchback di kelasnya).

Kbin cukup leluasa untuk ukuran tubuh rata-rata pria dewasa Asia, baik di depan maupun di belakang. Namun saat duduk di belakang, kaca belakang yang luas dan landai, tepat di atas kepala. Berpotensi kurang nyaman tketika matahari menyorot dari belakang.

Isi Baterai
Jika Anda bisa mengisi ulang baterai ponsel, maka Anda juga dapat mengisi ulang baterai Volt di tempat yang sama. Setiap mobil dilengkapi kabel sepanjang 6 meter di bagasi belakang yang bisa digunakan untuk mengisi ulang. Dengan sumber listrik 110-120 V, waktu pengisian ulang berlangsung antara 10-12 jam, sementara dengan sumber listrik 220-240 V, waktu pengisian ulang hanya 4 jam.

Saat baterai  sedang diisi ulang, proses pengisian tersebut dimonitor dari  jarak jauh melalui aplikasi  OnStar MyLink pada ponsel iPhone atau Motorola Droid. Juga bisa menggunakan ponsel lain  berbasis sistem operasi Android. Juga bisa dipantu melalui komputer personal dengan menggunakan aplikasi MyVolt.

Volt & Ampera
Mobil ini dibanderol 41.500 dolar AS di Amerika Serikat saat peluncurannya November ini. Pemerintah AS memberikan diskon US$ 7.000 setiap pembelian Volt. Tahap pertama, jumlah produksi Volt, 10.000 unit dan ditingkatkan 40.000 unit pada  2012.

Selain AS, Volt akan dijual di China dan Eropa  pada 2011. "Di Eropa kami akan menjual dengan dua merek, Chevrolet Volt dan Opel Ampera. Keduanya memiliki platform yang sama, namun desain dan fitur berbeda," ujar Steve L. Clarke, Wakil Presiden Rekayasa Kendaraan GM International Operations (GMIO).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Loading...

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Beyond Hiroshima - The Non-Reporting of Falluja's Cancer Catastrophe.

Diposkan oleh iwan di 15.01  

0 komentar:

Poskan Komentar