“Regulasi Baru MotoGP 2011” plus 3 more

Kamis, 23 September 2010

“Regulasi Baru MotoGP 2011” plus 3 more


Regulasi Baru MotoGP 2011

Posted: 23 Sep 2010 12:15 PM PDT

Kamis, 23 September 2010 | 19:15 WIB

AFP/JAVIER SORIANO

ARAGON, KOMPAS.COM - Sebelum berlangsung MotoGP di sirkuit Aragon, Spanyol, pekan lalu berlangsung pertemuan antara komisi Grand Prix dengan pelaksana balapan dan pimpinan tim MotoGP. Hasilnya, regulator tekanan bensin dibatasi mulai musim tahun depan. Kemudian jadwal latihan resmi di seri berikutnya ditambah.

Komisi MotoGP menyetujui untuk kelas MotoGP bahwa maksimum tekanan bensin diizinkan 10 bar dengan aliran bahan bakar 50 liter per jam.

Motor balap wajib menggunakan regulator tekanan bahan bakar, sebagaimana yang telah ditentukan oleh direktur teknis. Regulator yang resmi harus terpasang pada pompa bahan bakar, sehingga tekanannya tidak lebih dari 10 bar.

Bagi penyuplai regulator harus lengkap satu set dengan tekanan terendah atau aliran tertinggi, sesuai yang dimaui tim. Terpenting, regulator itu tidak boleh mempunyai tekanan lebih dari 10 Bar dengan 50 liter per jam.

Regulator tambahan bisa digunakan bersama dengan regulator resmi, tapi untuk mengurangi dan mengontrol tekanan bahan bakar. Asal, tidak ada perangkat yang mampu meningkatkan tekanan bahan bakar pada injector di atas 10 Bar.

Hasil lainnya, sesi latihan resmi Jumat untuk MotoGP Portugal dan Valencia 2010 ditambah menjadi dua kali.

Penulis: SBT
Editor: Bastian
crashnet

Sumber :

Loading...

Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Beyond Hiroshima - The Non-Reporting of Falluja's Cancer Catastrophe.

Mesin Boxer Generasi ke-3 Subaru

Posted: 23 Sep 2010 12:10 PM PDT

TOKYO, KOMPAS.com - Fuji Heavy Industries Ltd. (FHI), produsen Subaru,  hari ini memperkenalkan mesin boxer generasi terbaru atau ketiga. Boxer pertama atau dikenal juga sebagai mesin berlawanan harisontal, pertama kali digunakan untuk Subaru 1000 pada 1966.

Dijelaskan pula, mesin terbaru  merupakan pembaruan total dari mesin boxer sejak 21 tahun lalu. Generasi ke-2 mesin boxer Subaru diperkenalkan pada 1989 dan digunakan pertama kali pada Legacy.

Pada mesin generasi ketiga, perubahan dilakukan secara total atau dari dasar. Kendati demikian, beberapa aspek yang membuat mesin boxer unggul, yaitu, tatak letak, lebih ringan, kompak, titik gravitasi rendah dan suara  yang halus, tetap dipertahankan, Klaim Subaru, generasi ke-3 ini 10 persen lebih irit dari mesin sebelumnya.

Boxer adalah mesin piston yang disusun secara simetris, kanan dan kiri  mengikuti sepanjang poros engkol. Ketika piston begerak, kondisi seperti orang bertinju. Inilah yang menyebabkannnya disebut mesin boxer.

Langkah Panjang
Generasi terbaru ruang bakarnya kompak seperti mesin langkah panjang. Dan memang, langkah mesin boxer sekarang ini lebih panjang dibandingkan mesin sebelumnya. Kalau sebelumnya, langkah mesin – untuk 2,0 liter – 75 mm, kini menjadi 90 mm. Sebaliknya, diameter mengecil, dari 92 menjadi 84 mm.

Upaya lain yang dilakukan Subaru terhadap mesin ini adalah mengoptimalkan konfigurasi saluran isap, menambah partisi lubang samping dan menggunakan tumble generated valve (TGV) dan pendingin untuk gas buang atau exhaust gas recirculaion (EGR) untuk menekan emisi.

Juga digunakan Active Valve Control System (AVCS) pada kedua katup isap dan buang. Untuk katup isap – khususnya, menggunakan sistem lock intermediate yang memungkinkan waktu buka dan tutup katup dimaju atau dimundurkan. Mirip dangan teknologi Double VTT-i pada mesin dengan konfigurasi sejajar.  

Hasilnya, mesin sekarang lebih besar 1 cc (1.995 cc) dengan kompresi 10,5 :1, dan kemampuan menghasilkan  tenaga tetap dipertahankan 109kW, namun torsinya naik dari 191Nm menjadi 195Nm. Kendati demikian, Subaru tidak merinci pada putaran berapa tenaga dan torsi maksimum diperoleh pada mesin baru ini.

Loading...

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Beyond Hiroshima - The Non-Reporting of Falluja's Cancer Catastrophe.

Mesin Baru S-Class 2011 Lebih Hebat dan Hemat

Posted: 23 Sep 2010 11:31 AM PDT

Kamis, 23 September 2010 | 18:31 WIB

Daimler AG

Mesin baru S-Class 2011 lebih hebat, lebih hemat.

STUTTGART, KOMPAS.com — Kamis (23/9/2010), Mercedes-Benz mengumumkan pilihan empat mesin baru bagi S-Class 2011. Selain diesel injeksi langsung, hadir juga versi bensin BlueDIRECT V6 dan V8 terbaru.

Keempat mesin tersebut adalah diesel 4-silinder 2,2 liter yang dipasang pada Varian S 250 CDI BlueEFFICIENCY yang dilengkapi turbocharger. Tenaganya 204 PS dengan torsi 500 NM, membuat sedan mewah ini mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 8,2 detik. Sementara itu, konsumsi bahan bakar 17,5 km/liter. Banderolnya 71.876 euro atau Rp 860 juta.

Mesin baru kedua masih diesel V6 3,0L yang menjadi jantung S 350 BlueTEC. Mesin ini mengantarkan tenaga 258 PS dan torsi puncak 620 Nm. Konsumsi bahan bakar kombinasinya mencapai 14,7 km/liter. Akselerasi 0-100 km/jam didapat dalam waktu 7,1 detik. Banderolnya 76.279 euro atau Rp 912 juta.

Adapun mesin bensin berkonfigurasi V6 3,5L dengan tenaga puncak 306PS dan torsi 370 Nm berada di balik kap mesin Mercy S 350 BlueEFFICIENCY. Konsumsi bahan bakarnya 13,1 km/liter.

Satu lagi, versi V8 4,7L, ada pada S 500 BlueEFFICIENCY dengan tenaga 435 PS dan torsi 700 Nm. Konsumsi bahan bakarnya 10,7 km/liter. Masing-masing varian dibanderol 78.718 euro (Rp 941 juta) dan 99.186 euro (Rp 1,18 miliar).

Selain mesin, Mercedes juga menyempurnakan transmisi otomatis 7-speed 7G-TRONIC PLUS dan fungsi ECO stop/start. Dalam paket varian BlueEFFICIENCY juga terdapat pompa oli dengan kontrol-beban serta ban dengan hambatan gesek rendah.

Penulis: BBB
Editor: Bastian
Mercedes-Benz

Sumber :

Loading...

Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Beyond Hiroshima - The Non-Reporting of Falluja's Cancer Catastrophe.

Jajaran Produk Hijau Kia di Paris Motor Show

Posted: 23 Sep 2010 10:21 AM PDT

Kamis, 23 September 2010 | 17:21 WIB

Kia

RUSSELSHEIM, KOMPAS.com - Kia memastikan menghadirkan mobil konsep POP di  Paris Motor Show. Mobil listrik mungil berkapasitas tiga penumpang ini diproyeksikan  menjadi bintang utama produsen  Korea Selatan tersebut di Paris. POP merupakan hasil karya tim desain Kia Eropa, Peter Schreyer, Pimpinan Desain Kia dan Gregory Guillaume, Pimpinan Desain Kia Eropa.

Kia juga akan menampilkan beberapa model produksi dengan ujung tombak  Optima, sekaligus debut mobil ini sebelum dipasarkan di Eropa.

Juga  hadir SUV kompak, Kia Sportage dengan pilihan  dua mesin baru lebih kecil. Mesin ini akan dipasang pada varian gerak dua roda (2WD) dan transmisi manual 6-speed.  Juga ditawarkan  teknologi mild hybrid untuk meningkatkan efisiensinya. Model "hijau" juga akan ditampilkan, seperti cee'd dan Venga.

Penulis: BBB
Editor: Zulkifli BJ
autoevolution

Sumber :

Loading...

Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Beyond Hiroshima - The Non-Reporting of Falluja's Cancer Catastrophe.

Diposkan oleh iwan di 15.29  

0 komentar:

Poskan Komentar