“Mesin 1,6L Bertenaga Besar dari Volvo” plus 3 more

Senin, 30 Agustus 2010

“Mesin 1,6L Bertenaga Besar dari Volvo” plus 3 more


Mesin 1,6L Bertenaga Besar dari Volvo

Posted: 30 Aug 2010 12:17 PM PDT

Senin, 30 Agustus 2010 | 19:17 WIB

AUTOEVOLUTION/EGMCARTECH

Volvo S60 concept dengan calon mesin T3 1,6L

SWEDIA, KOMPAS.com — Produsen mobil Swedia, Volvo, mengumumkan mesin bensin barunya berkapasitas 1,6L 4 silinder yang dilengkapi teknologi injeksi langsung (direct injection) dan turbo charged. Kombinasi ini mereka namakan Gasoline Turbocharged Direct Injection (GTDi).

Varian dari mesin anyar ini ada dua dengan kode T3 dan T4. Untuk yang 1,6L GTDi T3 mempunyai tenaga 150 PS dan torsi 240 Nm. Sedangkan yang 1,6L GTDi T4 180 PS dan torsi 240 Nm, tetapi bisa dinaikkan jadi 270 Nm, tergantung kebutuhan. Kedua mesin ini akan disematkan pada Volvo S60 dan V60.

"Kami perkirakan ada penurunan konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang sekitar 20 persen dibanding dengan mesin bensin konvensional dengan perpindahan yang lebih besar dan kinerja yang relatif sama," ujar Senior Vice President Product Development Volvo Magnus Jonsson, Senin (30/8/2010) ini. Pada saat yang sama, lanjutnya, mesin GTDi bisa menyediakan tenaga dengan cepat dan mengemudi serasa nuansa mesin diesel modern.

Kedua varian mesin itu dibekali transmisi otomatis Powershift 6-speed dan manual juga 6-speed untuk 1,6 GTDi T4. Keistimewaannya, saat lagi meluncur dan pengemudi lantas mengangkat pedal gas, gigi persneling segera bebas. Dengan demikian, mengurangi rolling resistance dan irit bahan bakar.

Sedangkan 1,6 GTDi T3 hanya ditawarkan girboks manual 6-percepatan dilengkapi dengan fungsi "start/stop". Jadi, ketika mobil berhenti akibat macet, mesin langsung mati. Saat hendak jalan, tak perlu putar kunci kontak. Cukup tekan pedal gas, mesin sudah hidup kembali.

Penulis: SBT
Editor: Bastian
autoevolution

Sumber :

Loading...

Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: "Peace Envoy" Blair Gets an Easy Ride in the Independent.

Toyota Prius PHV Terus Kampanye

Posted: 30 Aug 2010 08:59 AM PDT

Senin, 30 Agustus 2010 | 15:59 WIB

Toyota

ONTARIO, KOMPAS.com - Untuk mensosialisasikan teknologi hybrid plug in, Toyota terus memboyong Prius generasi terbaru keliling dunia. Kali ini giliran Kementerian Energi dan Transportasi, serta lembaga terkait lain di pemerintahan Provinsi Ontario, Kanada mendapat kesempatan menjajal kebolehan Prius Plug-in Hybrid Vehicle (PHV).

 "Toyota Kanada sangat senang bisa mengantarkan unit perdana Prius PHV ke mitra kami di Ontario," Yoichi Tomihara, President Toyota Kanada.

Pihak pabrikan berencana melepas 100 unit Prius PHV ke seluruh penjuru dunia dalam beberapa tahun ke depan untuk penjajakan pasar. Meski Toyota mengaku tak punya rencana untuk memproduksi secara massal, diperkirakan unit bakal mulai dipasarkan pada 2015 mendatang.

Prius PHV pertama kali muncul di ajang Fankfurt Auto Show tahun lalu. Perbedaan utama teknologi yang dimilikinya, kemampuan mengisi ulang tenaga listrik semudah mencolokkan kabel ke steker. Berbeda dengan kendaraan hybrid konvensional yang ada di pasar.

"Pemerintahan Kanada sangat gembira bisa ambil bagian dalam proyek awal guna mengumpulkan data yang diperlukan untuk mempersiapkan infrastruktur yang dibutuhkan kendaraan listrik," jelas Brad Duguid, Menteri Energi Provinis Ontario.

Penulis: AGK
Editor: Bastian
autoevolution

Sumber :

Loading...

Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: "Peace Envoy" Blair Gets an Easy Ride in the Independent.

Kencan Pertama dengan "Best Executive Saloon" BMW 535i

Posted: 30 Aug 2010 08:32 AM PDT

KOMPAS.com BMW Seri 5 terbaru ini merupakan Generasi ke-6 yang telah dipasarkan BMW ke seluruh dunia. Penampilannya berbeda dengan pendahulunya. Model terbaru ini, sosoknya lebih besar dan gaya. Sosok eksektutif seri 5 terbaru ini lebih kental.  

Di Indonesia, Seri 5 terbaru dipasarkan dalam tiga varian yang dibedakan berdasarkan mesin, yaitu 535i, 528i dan 523i Executive. Nah, versi terakhir inilah, dikencani KOMPAS.com selama 2 hari.

Kesan pertama interior, mirip dengan kakaknya, Seri-7. Ya, kesan lebih mewah dan eksklusif. Kencan tak kalah menarik, mengajaknya ngebut sampai 240 km/jam.

Dari ketiga varian, 535i inilah yang termahal, dibandrol Rp1.188.000.000 (off-road di Jakarta). BMW menyebut versi ini sebagai sedan eksekutif bergaya sport. Pasalnya, dilengkapi dengan transmisi otomatis 8 percepatan steptronic yang memungkinkan pengemudi memindahkan gigi secara manual melalui paddle shift di kanan dan kiri setir.

Fitur Teknologi Canggih
Data yang diberikan oleh BMW, model ini dilengkapi banyak fitur teknologi terkini. Namun yang pasti, saat masuk ke interior, tidak perlu mencolok kunci atau menekan remote. Ketika remote ditaruh di kantong, ganggang pintu langsung bisa dibuka. Cukup menarik, pada malam hari di belakang gagang keempat pintu, lampu LED kecil menyala, memudahkan pengemudi dan penumpang memastikan posisi gagang.

Untuk menghidupkan mesin, juga tidak perlu kunci. Cukup menekan  tombol bulat START/STOP.  Di dashboard, kiri setir. Agar mesin bisa hidup, pedal rem harus ditekan dulu, dan transmisi berada pada posisi "P". Begitu mesin hidup, setir bergerak otomatis ke posisi yang telah ditentukan pada setelan sebelumnya.

Kendati sosoknya, namun bisa bergerak lincah. Jarak sumbu rodanya, (2.968 mm) merupakan terpanjang di kelasnya. Malah, 58 mm lebih panjang dari model sebelumnya. Semua memberi kenyamanan lebih baik, terutama bagi penumpang belakang. 

Sesuai dengan perkembangan – bagi pemilik yang mengemudikan sendiri - berbagai fitur memudahkan sudah disediakan. Antara lain, rem parkir elektrik. Semua dilakukan dengan menekan tombol. Tak perlu lagi khawatir lagi berhenti di tanjakan yang mengakibatkan mobil mundur. Rem parkir juga dioperasikan dengan menekan tombol pada tongkat pemindah gigi.

Di tengah dashboard dilengkapi layar monitor yang bisa digunakan untuk mencari berbagai informasi. Mulai dari menayangkan suasana di belakang mobil ketika transmisi pada posisi mundur, radio, manual (petunjuk buat pemakai) dan berbagai informasi lainnya.

Suasana interior mewah dengan kulit berkualitas tinggi dan jahitan yang mantap. Ruang jok penumpang belakang sangat lega. Dilengkapi dengan tatakan tangan tengah berukuranbesar dan  bisa dilipat.

Akselerasi
Sangat bertenaga ketika gas digenjot dari  awal. Tidak ada gejala spin karena sudah dilengkapi traction control. Ketika diajak sprint dengan muatan 3 orang dewasa, bensin di tangki penuh, butuh waktu 6,2 detik (klaim BMW 6,1 detik).

Selanjutnya, untuk akselerasi 0- 400 meter, mobil ini membutuhkan waktu 15,7 detik. Sedangkan, 60 – 100 km/jam, 3,7 detik, 80 – 120 km/jam, 4,7 detik. Dengan distributsi bobot 50:50 di depan dan belakang, membuat mobil ini mudah diajak bermanuver. Stabilitasnya mantap ketika diajak meningkung pada kecepatan tinggi. Maklum dilengkapi dengan berbagai fitur teknologi masa kini (lihat tabel).

Suspensi: Normal  & Sport
Cukup menarik, penampilan interior, terutama kabin, sama dengan Seri-7. Memberi kesan mewah.

Suspensi dengan 2 mode, normal dan sport. Sport, keras namun membuat stabil. Cukup menarik saat dites di jalan tol antara Puri dan Kamal yang bergelombang, mantap!

Perpindahan gigi mulus. Sistem strepronic sangat menyenangkan. Gigi bisa dipindahkan kapan saja, baik untuk berakselerasi dengan cepat maupun mengirit konsumsi bahan bakar.  

Dengan Jarak rasio transmisi yang lebih dekat, memberikan kenyamanan. Perpindahan gigi berlantgsung dengan mulus dan cepat. 535i dilengkapi pula adaptive headlights dan comfort access.

Untuk entertainment, BMW memasang sistem audio LOGIC7 dengan 16 speaker, power amplifier 600 W dan Dolby Pro Logic. Juga ada koneksi USB Audio dan bluetooth pada model ini. 

Sistem stabilitas standar: DSC, ABS, DTC Dynamic Traction Control, CBC Cornering Brake Control, DBC Dynamic Brake Control, Dry Braking Function, Fading Compensation, Start-Off Assistan.

Spesifikasi BMW 535i

Dimensi (mm)

 

Panjang x lebar x tinggi

4.899 x 1.860 x 1.464

Jarak sumbu roda

2.964

Jarak terendah

141

Radius putar

11,95 meter

Kapasitas tangki

70 liter

Oli mesin

6,5 liter

Berat kosong

1.685/1.760 kg

Mesin

 

Jumlah silinder

6-silinder

Teknologi

Twin Turbo, Injeksi langsung, fully-variable valve control (valvetronic)

Kapasitas

2.979 cc

Perbandingan kompresi

10,2 : 1

RON bensin (min)

91

Tenaga maks

225kW (306PS) @5.800 rpm

Torsi maks.

400Nm @1.200-5.000 rpm

Setir

Electric Power Steering (EPS) dengan Servo

Ban dan roda

(depan & belakang)

225/55R17

Konsumsi bahan bakar

8,4 liter/100 km (11,9 km/liter) kombinasi


Loading...

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: "Peace Envoy" Blair Gets an Easy Ride in the Independent.

Ducati Amit Mundur dari Balap Superbike

Posted: 30 Aug 2010 07:10 AM PDT

Senin, 30 Agustus 2010 | 14:10 WIB

AUTOEVOLUTION

ITALIA, KOMPAS.COM - Arena kejuaraan dunia superbike (WSBK) berduka sehubungan dengan pengumuman cukup mengagetkan dari Ducati. Pabrikan motor asal Italia itu menyatakan amit mundur tahun depan (2011). Padahal, Ducati tim pabrikan yang paling sukses meraih prestasi sejak paritipasi 1988.

Dalam 22 tahun berkiprah, Ducati mengukir juara dunia pabrikan 16 kali dan menghantar 13 pebalap menggondol mahkota juara dunia.

Ada rumor berkembang, mundurnya mereka berkaitan dengan masuknya Valentino Rossi ke Ducati yang menguras uang tidak sedikit. Selain itu, tim ingin konsentrasi dan mengukir prestasi hebat yang belum pernah diraih seperti di superbike.

Dampak kemunduran Ducati ternyata juga berefek pada tim perorangan yang memakai Ducati. Karena, pabrikan itu juga akan membatasi penyuplaian mesin dan mendukung tim perorangan.

President dan CEO Ducati Gabriel Del Torchio menegaskan kalau mereka pensiun dari WSBK lantaran ingin fokus pada teknis dan pengembangan produk. "Keputusan ini merupakan bagian dari strategi khusus Ducati. Tujuan utamanya, lebih meningkatkan kandungan teknologi pada model produksi mendatang," ungkap Gabriele.

Saya ingin berterima kasih, lanjut Gabriele kepada Noriaki Haga dan Michel serta semua pebalap yang telah memberi kontribusi besar pada Ducati di superbike. Juga kepada kru tim dan karyawan yang telah bekerja secara profesional, Flammini yang begitu lama menyelenggarakan balapan, FIM dan para sponsor.

Penulis: SBT
Editor: Bastian
autoevolution

Sumber :

Loading...

Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: "Peace Envoy" Blair Gets an Easy Ride in the Independent.

Diposkan oleh iwan di 15.06  

0 komentar:

Poskan Komentar